oleh

2020 Indonesia Datangkan Rektor Asing

-Nasional-372 views

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menargetkan untuk merekrut rektor asing mulai 2020 mendatang.

“Ini perlu challenge kembali. Saya lebih keras lagi sekarang,” ungkap Nasir dilansir dari CNNIndonesia, Jumat (2/8/2019).

Nasir meyakini Indonesia memang membutuhkan tantangan untuk mengembangkan kemampuan. Seperti, tenaga pendidik di Indonesia saat ini yang memerlukan persaingan agar bisa berkembang.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk merekrut rektor asing tidak sembarangan. Ada beberapa syarat bagi mereka yang wajib dipenuhi. Para rektor asing itu setidaknya harus memenuhi tiga syarat utama yang telah disiapkan. Syarat itu meliputi networkingexperience, dan yang ketiga manajerial di bidang riset. 

“Tentu para rektor harus punya network. Kedua, experience dia dalam mengelola perguruan tinggi seperti apa, mampukah meningkatkan rating satu perguruan tinggi menjadi lebih baik. Dan yang ketiga mampukah mengelola perguruan tinggi khusus Indonesia supaya menjadi lebih bagus dari hasil risetnya,” tutur Nasir.

Nasir menambahkan, nantinya tidak hanya rektor yang bisa direkrut dari luar negeri. Ia mengusulkan untuk kampus-kampus kalau bisa menerima dosen pengajar dari luar negeri juga.

Kalau dosen sifatnya homogen tidak akan maju. Rata-rata perguruan tinggi di Indonesia hampir homogen. “Kalau perguruan tinggi luar sudah ada dosen asing. Meneliti dan bekerja sama. Ini harus kita dorong,” ujarnya.

Editor: Latif Fianto

Komentar

News Feed