oleh

3 Destinasi Ngabuburit di Kota Malang, Ada Hutan, Masjid dan Ruang Publik

Foto: Alun-Alun Kota Malang (wearearema.net).

Indotribun.id, Malang- Dalam hitungan hari, umat Islam terhitung hampir satu minggu menjalankan ibadah puasa. Hal yang menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia di bulan ramadhan adalah melakukan kegiatan ngabuburit.

Ngabuburit menjadi salah satu kegiatan yang memang ditunggu-tunggu pada saat bulan ramadhan. Kegiatan ini biasa dilakukan untuk menunggu datangnya azan Magrib sebagai tanda buka puasa.

Biasanya, ngabuburit dihabiskan bersama keluarga atau teman. Bagi kamu yang berada di Kota Malang, Jawa Timur, maka kamu patut mencoba ngabuburit di sejumlah tempat wisata ini.

Alun-alun Kota Malang

Alun-alun Kota Malang

Aktivitas yang dapat dilakukan di area publik sembari menunggu azan Magrib adalah Alun-alun Kota Malang. Mulai dari bersepeda, bersantai di bawah pohon, bermain bersama anak, hingga berfoto.

Kamu juga bisa duduk santai di sekitar alun-alun sembari menikmati hiruk-pikuk Kota Malang. Tak hanya itu, banyak penjual makanan dan minuman di sekitar alun-alun yang membuatmu dapat leluasa memilih takjil untuk berbuka puasa.

Alun-alun Kota Malang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat sekitar. Kamu hanya perlu membayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Masjid Agung Jami’ Malang

Masjid Jami’ Kota Malang (@jamikotamalang)

Masjid Agung Jami Malang atau lebih dikenal sebagai Masjid Agung Malang berada tepat di depan Alun-alun Kota Malang.

Bagi kamu umat muslim bisa mengisi waktu ngabuburit dengan mendengarkan kajian atau membaca Al-Qur’an di masjid. Alternatif lainnya, kamu bisa berkeliling melihat arsitektur Masjid Agung Malang.

Dilansir dari situs web Masjid Agung Malang, masjid yang berdiri pada 1890 itu mempunyai dua gaya arsitektur, yaitu arsitektur Jawa dan Arab.

Kamu bisa melihat keindahan masjid dengan arsitektur Jawanya yang terlihat dari bentuk atap lama masjid, sedangkan arsitektur Arab tampak dari bentuk kubah di menara masjid dan konstruksi lengkung di pintu dan jendela yang bikin kamu takjub saat melihatnya.

Hutan Kota Malabar

Hutan Kota Malabar

Jika kamu ingin menunggu azan Magrib sembari menikmati suasana alam, maka Hutan Kota Malabar bisa menjadi solusi paling ampuh.

Lokasi hutan ini berada di Jalan Malabar, Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Sesuai namanya, Hutan Kota Malabar berada di kawasan perkotaan, seperti dikutip dari situs web Program Pengembangan Kota Hijau Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Selain pepohonan, area publik ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, antara lain jogging track, foot therapy, dan arena edukasi alam.

Jadi, warga Malang dan sekitarnya bisa menghabiskan waktu ngabuburit sembari menikmati sejumlah fasilitas tersebut.

Nah itu dia beberapa tempat yang cocok untuk dijadikan tempat ngabuburit.

(Pip/Put)

Komentar