oleh

3 Jenis Profesi Jurusan IPA dengan Gaji Melangit

Mahasiswa Jawa Timur jurusan pertanian (ist).

Indotribun.id- Anak Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) identik dengan kepintarannya, sopan, dan tepat waktu. Jadi, bersyukurlah bagi anda yang lulusan SMK/SMA jurusan IPA. Dimana kesempatan dan peluang besar telah menanti anda untuk melanjutkan kuliah hingga kerja.

Lulusan dari jurusan IPA memiliki potensi untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Simak lebih jauh 3 profesi yang cocok untuk anak IPA, berikut dengan jurusannya yang sesuai.

Dilansir dari koran sindo yang mengutip laman resmi perusahaan financial technology peer-to-peer lending untuk pendidikan Pintek di pintek.id, Jumat (29/10/2021), berikut ini adalah informasi seputar 3 jenis pekerjaan dari jurusan IPA yang menjanjikan gaji besar.

  • Kedokteran

Jurusan kedokteran setiap tahunnya tidak pernah sepi peminat. Hal ini karena bekerja sebagai dokter selain profesi yang mulia namun juga bergengsi dan berpotensi gaji tinggi.

Sebagai seorang dokter juga berkesempatan bekerja di rumah sakit milik pemerintah dan swasta ataupun klinik. Namun dengan pengalaman yang dimiliki, seorang dokter juga bisa membuka praktek sendiri.

Gaji seorang dokter umum di rumah sakit terkemuka bisa mencapai Rp12 juta hingga Rp15 juta. Sementara untuk dokter spesialis penghasilannya bisa mencapai antara Rp20 juta sampai Rp50 juta.

  • Teknik Perminyakan

Sudah rahasia umum jika Teknik Perminyakan adalah jurusan kuliah IPA yang menjanjikan. Para alumni dari jurusan ini bisa mencari nafkah pada industri migas dan pertambangan yang memang banyak tersedia di Tanah Air.

Standar gaji paling sedikit Rp8 juta sampai Rp15 juta untuk pegawai yang baru lulus. Sementara sebagai karyawan senior berkesempatan mendapat gaji mulai Rp30 juta-an.

  • Teknik Penerbangan

Menempuh studi pada jurusan ini membuka kesempatan bagi kamu untuk berprofesi sebagai teknisi pada industri maskapai penerbangan dalam dan luar negeri.

Bekerja sebagai teknisi pesawat juga memegang peranan yang tidak kalah penting selain pilot dan awak pesawat terbang lainnya. Ini karena mekanik pesawat memiliki tanggung jawab besar terkait keselamatan penerbangan.

Inilah alasannya profesi tersebut memerlukan pendidikan serta sertifikasi tertentu sesuai bidang kerja serta tipe pesawat yang nanti menjadi tanggung jawabnya.

Sebagai dasar dari profesi ini adalah pemahaman pada bidang elektronika serta mesin. Seorang fresh graduate umumnya akan mendapatkan gaji mulai dari Rp5 juta hingga 100 juta.

Sebagai informasi tambahan, selain daftar jurusan kuliah IPA dan penjelasannya mengenai kisaran gaji di atas, masih ada prodi lainnya yang juga menjanjikan gaji menggiurkan. Jurusan dimaksud adalah Ilmu Astronomi, Teknik Kimia, Teknik Nuklir, dan kehutanan.

(Indotribun/Winda)

Komentar

News Feed