oleh

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Agar Mata Tetap Sehat

-Sisi Lain-119 views

Indotribun.id, Kesehatan- Di era yang serba digital seperti saat ini, mata memiliki peran besar dalam setiap aktivitas manusia.

Mata merupakan indera pengelihatan yang memiliki fungsi penting, apalagi saat beraktivitas dimasa pandemi seperti saat ini.

Bekerja dari rumah yang tak lepas dari layar komputer atau laptop, update informasi digital melalui gawal akan tetap terikat dengan layar ponsel, atau hal-hal yang lainnya.

Berikut hal penting yang harus diperhatikan agar mata anda tetap sehat.

Cara Agar Mata Tetap Sehat dengan 5 Hal Ini

Dilansir Medical News Today, inilah hal-hal yang harus anda perhatikan, agar mata tetap sehat pada saat beraktivitas.

  • Konsumsi Makanan yang Bernutrisi

Bagi anda yang sering beraktivitas dengan lebih mengfokuskan pada fungsi mata, agar mata anda tetap sehat, imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin A, C, E, lituin, dan lain semacamnya.

Dengan hal tersebut, anda tidak perlu khawatir akan kesehatan mata anda.

  • Berhenti Merokok

Merokok ternyata tidak hanya menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi gangguan kehamilan dan janin, sesuai petunjuk yang ada pada kemasannya. Melaikan juga pada kesehatan mata.

Merokok juga berpotensi membuat mata katarak dan rabun, serta degenerasi macula. Oleh sebab itu, mulai sekarang kurangi merokok dan berhentilah secara perlahan.

  • Hindari Membaca Pada Ruang yang Gelap

Nyatanya membaca diruang gelap dapat mengurangi kesehatan mata tidak hanya sekadar mitos, melainkan secara ilmiah dapat dibuktikan.

Membaca diruang yang gelap dan hanya menggunakan penerang pada objek bacaan yang sedang atau akan dibaca, dapat memantulkan sinar cahayanya pada mata. Hal itulah yang dapat menurunkan kesehatan pada mata.

  • Kontrol Berat badan

Diabetes atau kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan kebutaan, atau mengalami gangguan pada mata. Hal tersebut disebabkan oleh gula darah yang terlalu banyak sehingga berimbas pada kesehatan mata.

  • Istirahatkan Mata

Apabila aktivitas anda banyak dikuras di depan gawai atau di depan layar komputer, alangkah baiknya pada jam-jam tertentu anda dapat mengistirahatkan mata anda sebaik mangkin.

Anda dapat menerapkan metode 20:20, yaitu pada tiap dua jam sekali alihkan mata untuk memandang hal lain. Semisal keluar untuk melihat pemandangan indah sejenak. Atau anda juga bisa setiap 20 menit untuk memandang hal lain selain gawai atau layar yang menjadi fokus anda bekerja.

(Indotribun/Faruq)

Komentar

News Feed