oleh

5 Tren Digital Marketing Di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

-Bisnis-107 views

Tidak ada usaha yang menghianati hasil, itu yang sering kita dengar di khalayak publik, dan realitanya itu tepat sekali. Bagaimana bila kita tambah dengan ungkapan seperti ini bagi masyarakat digital ; tidak ada usaha yang bertahan lama dengan dilakukan dan digerakkan secara monoton. Dan itu memang benar adanya.

Pada era saat ini. Hal-hal seperti membuka lapak di pasar atau mall akan mengalami kemerosotan dengan semakin canggihnya teknologi. Mulai sekarang lapak dan pasar tidak hanya dibuka besar-besaran di pasar besar, Mall dan Swalayan, kemudian ditawarkan pada para pengunjung.

Eranya telah berubah, kecanggihan teknologi yang semakin mewabah dan akan membuat anda sebagai pelaku usaha semakin dipermudah segala penjualannya. Jika anda ingin mengikuti metode pemasaran digital, mengikuti tren digital marketing di Indonesia adalah cara terbaik untuk membuat bisnis anda bertahan lama, berkembang, dan pastingnya gampang untuk dikunjungi custumer.

Bila kitanya hanya mengandalkan pada kualitas yang tinggi tapi sepi akan pembeli, karena disebabkan tidak dapat mengakses produk anda, apa gunanya? Kualitas memang sangatlah penting, Quality is Number one, tapi jika tidak dipasarkan dengan masif dan menarik, salah satunya melalui metode digital hanya akan menjadi sia-sia.

Dilansir dari guardian, Indonesia menempati urutan 5 besar sebagai pengguna media sosial di dunia. Waw! Bayangkan peluang anda terbuka lebar. Selain itu survey yang dilakukan oleh situs Hootsuite We Are Social, masyarakat di Indonesia menghabiskan 8 jam 36 menit untuk berselencar di Internet, 3 jam 26 menit untuk berlayar dengan media sosialnya, serta menghabiskan 2 jam 51 menit untuk streaming video dan brodcast lainnya.

Maka secara tidak langsung ini merupakan peluang yang sangat besar untuk pelaku usaha seperti anda, dengan menggunakan metode pemasaran digital, kita ulangi lagi, peluang yang sangat besar!

Berikut ini tren yang perlu anda ikuti di Indonesia.

  1. Segmentasi Pelanggan

Segmentasi pelanggan sebanarnya bukan hal baru dalam dunia marketing, tapi ini menjadi peluang besar anda untuk mengembangkan produk anda jauh lebih spesifik. Menargetkan produk yang lebih khusus, demografis, behavioris. Segmentasi pelanggan juga bisa menjadi objek anda untuk membuat produk dan memberikan konten yang menarik sesuai konteks segment pasar anda.

  • SEO A/B Split Testing

Search Engine Optimization (SEO) testing memiliki keutamaan yaitu untuk lebih banyak mendapatkan klik dari para pengunjung yang datang dari penelusuran Google. Kita dapat mencari tahu halaman seperti apa yang Google sukai.

SEO masih menjadi salah satu strategi paling ampuh untuk melakukan pemasaran digital. Strategi ini memliki kegunaan optimasi website anda, untuk menjadi paling atas di papan pencarian google.

Tapi kelemahannya, apabila anda menggunakan SEO A/B Split Testing cenderung tidak cocok pada postingan baru di web anda. Situs yang memiliki domain yang Auotority rendah tidak dapat mengalami perubahan.

  • Artificial Intellegent (AL)

Sebenarnya Artificial Intelegent merupakan sebuah kecerdasan buatan yang dibuat oleh manusia pada sebuah mesin. Artificial Intelegent adalah salah satu teknologi computasi yang sedang gencar-gecarnya dipakai oleh berbagai bidang Industri besar untuk mempermudah kerja-kerja manusia.

Contoh AL yang sering kita gunakan salah satunya ada pada fitur Google, yaitu Gmail. Jika anda menggunakan Gmail, maka ada beberapa email masuk yang primary, sosial, promotions dan spam. Filter dari Gmail itu yang dibuat dengan kecerdasan buatan oleh manusia.

  • Video Marketing

Anda sering menonton Video dengan Youtube? Tahukah anda, Youtube merupakan salah satu aplikasi penyaji video yang sering dilihat oleh semua kalangan masyarakat. Sebagai team digital marketing, anda dapat melakukan cara tersebut untuk mempromosikan produk anda menggunakan aplikasi itu.

Semakin banyak orang yang mengunjungi video anda, semakin banyak peluang produk anda memikat hati para custumer. Selain itu, anda akan mendapatkan passive income dari youtube jika Views, like, comment dan subcribe anda banyak.

  • Peka Issue Sosial

Peka terhadap issue sosial nyatanya tidak hanya terfokus pada bagaimana rakyat sering tidak dipedulikan oleh para pemangku jabatan. Peka akan issue sosial juga berdampak baik bagamaimana anda dapat melihat kebutuhan masyarakat sekitar. Brand apa yang sedang booming? Kebutuhan apa yang menjadi kebutuhan besar masyarakat? Ini menjadi peluang anda untuk menyediakan kebutuhan mereka.

Semakin anda peka terhadap issue sosial, maka semakin banyak peluang anda untuk terus mengembangkan usaha anda jauh lebih baik lagi.

Itulah 5 tren Digital marketing di Indonesia yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat dan segera coba bila anda ingin memulai usaha bisnis online.

Jika anda ingin belajar digital marketing secara gratis Silahkan KLIK DISINI.

Komentar

News Feed