oleh

Antusiasme Masyarakat Kota Batu Melakukan Salat Tarawih Pertama

Foto: Gelaran Shalat Tarawih pertama di Masholla Nurul Islam Kota Batu (Faruq/Indotribun.id).

Indotribun.id, Kota Batu- Shalat tarawih pertama di sejumlah masjid dan mushalla di Kota Batu Jawa Timur dilaksanakan masyarakat Muslim daerah itu pada sabtu malam, 02 april 2022.

Di Mushalla Nurul Islam, Dusun Jeding, Desa Junrejo, kecamatan Junrejo, Kota Batu Misalnya, sudah ramai dikunjungi jamaah untuk melaksanakan shalat tarawih yang dilanjutkan dengan shalat witir dan tadarus.

Ketua Takmir Mushalla Nurul Islam, Much Yasin mengatakan antusiame masyarakat Desa Junrejo sangat luar biasa sekali, banyak masyarakat berbondong-bondong menyambut shalat sunnah yang biasa dilakujan setahun sekali di bulan puasa itu.

“Kalo di shalat tarawih pertama ini antusiasnya luar biasa sekali, tabi akan merosot nanti di akhir,” ungkapnya ketika ditemui indotribun.id, sabtu (02/04).

Sebenarnya, para jamaah meyakini bahwa 1 Ramadhan tahun ini jatuh pada sabtu 02 2022, namun sesuai dengan pengumuman resmi pemerintah melalui Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada minggu, 03 April 2022.

Pada umumnya, pelaksanaan shalat tarawih di sejumlah masjid-mushalla, termasuk mushalla Nurul Islam pasca shalat tarawih akan melakukan tadarus bersama. Namun di masa pandemi seperti saat ini, tadarusan dibatasi hanya sampai jam 21.00 WIB.

“Kami seperti biasa melakukan tadarusan pasca shalat tarawih, karena masih masa pandemi kami hanya sampai jam 21.00 Wib saja,” kata Much Yasin yang juga merupakan masyarakat asli Kota Batu.

Bahkan, kata dia, pada pelaksanaan tadarus akan dibagi menjadi 2 waktu. Pertama di sore hari ba’da shalat ashar sampai menjelang buka puasa, dan yang kedua pasca shalat tarawih sampai jam 21.00 WIB.

Hingga berita ini dimuat, suasana malam 1 Ramadhan di daerah itu, antara lain ditandai warga Muslim yang saling berkunjung dari rumah ke rumah dengan tujuan bersalaman dan saling bermaafan atas kesalahan maupun dosa yang mungkin pernah dilakukan selama setahun terakhir.

(pip/Bam)

Komentar