oleh

Begini Cara Menyimpan Tahu yang Baik, Jangan Racun Keluarga Rumah Karena Salah Menyimpannya

Tahu merupakan salah satu makanan pelengkap yang diminati masyarakat Indonesia (Sumber: kompas.com)

Indotribun.id, Kesehatan- Tahu menjadi sebuah komoditas makanan masyarakat Indonesia yang tidak boleh dilupakan. Makanan yang terbuat dari kedelai melalui proses fermentasi itu memiliki tempat istimewa dikalangan ibu-ibu rumah tangga, tak terkecuali anak kos.

Makanan berbentuk segi empat, berwarna putih, dan lembut itu, seringkali di stok dengan jumlah yang banyak oleh para penikmatnya. Hal itu agar menjadi persediaan bila sewaktu-waktu stoknya habis di dapur.

Akan tetapi, meski sering menyetok dengan jumlah yang banyak, apakah sudah menyimpannya dengan cara yang baik dan benar? Khawatir apabila anda tidak menyimpannya dengan baik, malah akan meracuni keluarga seiri rumah.

Mari di cek kembali bagaimana cara anda menyimpan tahu sebelumnnya. Sebab Tahu rentan memiliki efek yang berbahaya bila salah ketika menyimpannya.

Dilansir dari sajiansedap.grid.id, berikut cara menyimpan tahu dengan baik dan benar;

Tahu Tidak Boleh Langsung Disimpan

Tahu (Sumber:Detik.food.com)

Ibu-ibu rumah tangga atau anak kos, hal penting yang perlu diketahui adalah jika tahu tidak langsung diolah, sebaiknya jangan langsung disimpan dalam kulkas atau tempat penyejuk yang lainnya.

Hal utama yang perlu dilakukan, Tahu harus direbus terlebih dahulu, ini dilakukan untuk menghentikan proses fermentasi yang masih berlanjut dalam Tahu. Jika itu tidak dilakukan, maka Tahu akan cepat asam dan busuk.

Jika anda masih saja tetap bersikeras menggorengnya karena merasa kasihan, maka anda harus lebih kasihan lagi pada seisi keluarga dirumah anda yang akan anda hidangkan Tahu yang telah busuk.

Oleh karena itu perhatikan langkah-kangkah menyimpan Tahu yang baik;

  1. Rebus Air hingga mendidih.
  2. Masukkan tahu kedalamnya, dan tunggu hingga mendidih. Kemudian angkat dan tiriskan.
  3. Siapkan wadah yang bersih dan kedap udara. Lalu isi dengan air yang telah dididihkan dengan suhu ruangan.
  4. Simpan ke dalam kulkas (Bila dibutuhkan).

Agar tahu dapat tahan dalam jangka waktu yang panjang, pastikan ganti air setiap hari. Dan apabila tahu ingin diolah, maka cuci tahu terlebih dahulu agar hilang lendir-lendirnya.

Mulai sekarang jangan salah menyimpan Tahu, apalagi menyimpannya dengan sembarangan.

(Indotribun/Faruq)

Komentar

News Feed