oleh

Belajar dari Einstein, Cara Bersikap saat Belajar yang Patut Diteladani

Albert Einstein Ilmuwan dunia (foto: dailyinfo.co)

Indotribun.id, Edukasi- Siapa yang tak kenal dengan seorang Albert Einstein, tentu namanya sudah tidak asing lagi terutama di kalangan para pelajar. Tokoh ilmuwan yang berhasil menemukan rumus hebat tentang energi ini, ternyata punya beberapa sikap belajar yang bisa kita ambil contohnya.

Berikut adalah beberapa sikap belajar Albert Einstein, sang ilmuwan dunia yang dapat kita jadikan teladan.

Sikap Curiosity yang Tinggi

Hal utama yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan adalah curiosity atau rasa ingin tahu yang tinggi. Ketika disuguhkan sebuah informasi atau pernyataan, seorang ilmuwan biasanya tidak langsung membantah atau menerima, tetapi berusaha untuk membuktikan sendiri.

Sikap selalu penasaran dan senang bertanya ini dapat kita terapkan dalam belajar. Dengan mengembangkan rasa ingin tahu tentang suatu ilmu atau informasi baru, kita akan merasa bersemangat dan terpompa untuk mencari pembuktian dan kebenaran sendiri.

Tepat dalam Memilih Lingkungan

Mencari dan menemukan lingkungan yang tepat jadi poin kedua dari sikap belajar Einstein yang dapat kita contoh. Motivasi belajar akan semakin meningkat jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang positif dan mampu mendorong kita untuk terus belajar.

Coba bayangkan, jika berada disebuah lingkungan yang gemar membaca buku, maka secara tidak langsung pun kita akan suka membaca buku. Atau hal positif lainnya.

Einstein semasa hidupnya kerap membawa dirinya pada orang-orang yang positif, seperti; guru, mentor, serta orang-orang menginspirasi lainnya. Dorongan dari luar khususnya dari orang-orang di sekitar sangat berpengaruh terhadap keputusan yang akan kita ambil. So, Terpengaruh dengan lingkungan yang sangat positive vibes adalah suatu hal yang perlu kita cari.

Melamun

Sikap belajar dari Einstein yang dapat kita tiru selanjutnya adalah melamun. Kegiatan yang bagi sebagian orang terkesan tidak jelas bahkan aneh dan hanya buang-buang waktu saja ini, ternyata sering dilakukan oleh seorang Einstein. Ia akan memberikan waktu bagi otaknya untuk rehat sejenak, ketika mendapati situasi pikirannya sedang buntu.

Melamun dalam porsi yang tepat dan tidak berlarut-larut dapat dijadikan alternatif refreshing sejenak, dengan memikirkan hal-hal yang belum sempat kita pikirkan, atau benar-benar melamun tidak melakukan apa-apa. Namun, tetap ingat batasan.

Siap gagal

Salah satu alasan banyak pelajar tidak tertarik untuk belajar adalah takut gagal. Padahal, tidak hanya dalam hal belajar saja kegagalan menghampiri, dalam segala aspek kehidupan, selalu ada gagal yang mengintai dan menyertai.

Einstein selalu siap akan itu. Ia sadar bahwa gagal juga merupakan salah satu proses belajar. Melalui gagal, ia dapat menyusun ulang pemikirannya, mencari letak kekeliruan, serta semakin termotivasi untuk terus belajar.

Nah, itu tadi sikap belajar dari Einstein yang dapat kita tiru. Perlu diingat bahwa sosok Einstein tidak terlahir cerdas begitu saja. Dibalik kesuksesannya, ia dikenal sebagai seorang ilmuwan dunia, banyak hal yang telah dilalui Einstein, termasuk usahanya dalam belajar dan menjalani hidup.

So, semangat belajar!

(Indotribun/Wakid)

Komentar