oleh

Belajar Rumus Excel dalam Dunia Kerja

Ilustrasi: Microsoft Excel (ist).

Indotribun.id- Pada era modern saat ini, dunia kerja juga turut membutuhkan kecanggihan teknologi yang serba cepat dan instan. Hal itu dibutuhkan untuk efektivitas dan efisiensi kerja para karyawan.

Dari sekian banyak kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja, baik kemampuan afektif, psikomotorik dan lain sebagainya. Mengetahui cara mengoperasikan dan paham akan rumus-rumus dari Microsoft excel sangatlah dibutuhkan.

Dilansir dari sindonews.com, Berikut ini beberapa rumus Excel yang sering dipakai di dunia kerja yang perlu diketahui mahasiswa yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

  • SUM
    Rumus ini kerap dipakai untuk menjumlahkan angka-angka. SUM bisa digunakan untuk menambah data per cell, serta data dalam satu maupun beberapa range sekaligus. Rumusnya: =SUM(number1,number1) atau =SUM(number1:number2).
  • IF
    Fungsi ini untuk membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan. Sehingga, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah. Rumusnya: IF(nilai yang ingin dicari, [jika nilai sesuai mana Benar],[jika nilai tidak sesuai maka Salah].
  • COUNT
    Rumus ini berfungsi untuk menghitung jumlah cell yang berisi angka. Rumus COUNT: COUNT(value1,[value2],..].
  • AVERAGE
    Rumus ini dipakai untuk mencari rata-rata dari data.
    Berikut ini rumusnya: AVERAGE(klik cell pertama:klik cel terakhir) enter.
  • VLOOKUP
    Kegunaan rumus ini adalah untuk mencari data di kolom paling kiri sebuah tabel data. Rumus VLOOKUP yang biasa dipakai adalah: VLOOKUP (Nilai yang ingin ditemukan : rentang cell yang nilainya dicari : nomor kolom : FALSE/TRUE).
  • HLOOKUP
    Fungsi ini digunakan untuk menampilkan data dari susunan tabel dengan format horizontal. Cara pakainya dengan menggunakan rumus: HLOOKUP(lookup_value. tabel_array, row_index_num {range_lookup).
  • MATCH
    Rumus ini selalu digunakan untuk menunjukan posisi relatif suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu. Rumusnya: MATCH(lookup_value,lookup_array,[match_type]).
  • ROUND
    Rumus ini berfungsi digunakan untuk membulatkan angka ke angka desimal sesuai yang diinginkan. Rumusnya seperti ini: ROUND(number,num_digit).

Nah, itu dia Rumus-rumus Microsoft Excel yang sering digunakan dalam dunia kerja. selamat bekerja, dan belajar. semoga bermanfaat.

Komentar

News Feed