oleh

BEM SI Demo dari Patung Kuda Menuju Istana, Sampaikan 6 Tuntutan!

Para Aksi Massa dari Aliansi BEM SI. Foto: ScreenShot

Indotribun.id, Jakarta- Massa aksi yang tergabung dalam Aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar demonstrasi di kawasan patung kuda yang akan menuju istana kepresidenan.

Ada beberapa isu yang diangkat, salah satu isu besarnya adalah wacana penundaan pemilu 2024.

Sejauh pantauan Indotribun.id, rombongan pengendara motor dengan baju almamater dari berbagai kampus melakukan road to patung kuda dengan membawa atribut salah satunya seperti spanduk dan bendera kebesaran kampus.

Lutfi Yufrizal salah satu koordinator aksi menyampaikan akan menyayangkan apabila tidak ditemui oleh presiden dan tuntuntan dari massa aksi tidak terpenuhi.

“Kalau hari ini belum dijawab kita mencoba eskalasi lebih banyak lagi,” ungkap Lutfi saat ditanya wartawan, Senin (28/3/2022).

Berikut rangkuman sejumlah tuntutan yang disampaikan oleh Aliansi BEM Seluruh Indonesia:

1. Menuntut pemerintah untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode karena sangat jelas mengkhianati konstitusi negara.

2. Menuntut pemerintah untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah dan dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi, dan kebencanaan.

3. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat dan menyelesaikan permasalahan ketahanan pangan lainnya.

4. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja menteri terkait.

5. Menuntut Jokowi untuk menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Indonesia.

6. Menuntut dan mendesak pemerintah untuk berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji-janji kampanye di sisa masa jabatannya.

(Wkd/Adi)

Komentar