oleh

Benarkah habis Rizieq Shihab Ditahan di Dalam Tanah? Ini Penjelasan Mabes Polri

Habib Rizieq diketahui ditahan di bawah tanah (Foto; fajar.co.id)

Indotribun.id, Jakarta- Setelah beredarnya sebuah potongan video disalah satu grup WhatsApp (WA) yang menyebut Habib Rizieq Shihab (HRS) ditahan di dalam tanah di Rutan Bareskrim Polri tanpa melihat matahari selama 9 bulan.

Dilansir dari detik.com, Mabes Polri pun menjelaskan kejadian yang sebenarnya. Hal tersebut agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dikalangan publik.

“Habib Rizieq Shihab sudah hampir 9 bulan dia belum lihat matahari karena di bawah tanah,” ujar salah satu pria dikutip dari detik.com, dalam potongan video yang ramai beredar dan viral.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan memberi penjelasan atas adanya isu tersebut. Dia menyatakan HRS bukan dikurung di bawah tanah, melainkan di Rutan Bareskrim yang posisinya berada di basement.

“Pengertian di bawah tanah itu basement. Tapi basement itu sangat layak. Sama kayak ruang ini. Sudah diukur standar kesehatannya. Jadi pengertian di bawah tanah itu jangan timbulkan konotasi di dalam tanah. Jadi posisinya basement bangunan memang seperti itu. Tetapi kondisinya tetap ada ruang AC,” ungkap Ramadhan saat ditemui di Mabes Polri, Senin (15/11/2021).

Ramadhan menegaskan, Rutan Bareskrim Polri tempat Habib Rizieq ditahan sangat layak untuk ditempati. HRS juga diperlakukan secara layak dan semestinya, sama seperti para tahanan lainnya.

“Itu gedungnya layak. Tetap menggunakan AC ya. Dan AC-nya 24 jam. Jadi perlakuannya sama. Jadi prinsipnya tidak ada perbedaan, tidak ada diskriminasi satu tahanan dengan tahanan lain. Tidak ada perbedaan,” imbuhnya.

(Indotribun/Faruq)

Komentar

News Feed