oleh

Bentuk Abdimas, Mahasiswa UTM Gelar Sosialisasi Digital Marketing Kepada Pelaku UMKM Kuliner

Foto: Sosialisasi Mahasiswa UTM kepada pelaku UMKM Kuliner di Desa Driyorejo, Gresik. (Foto/FadhilahFatih).

Indotribun.id, Gresik – Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) lakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) ke-40 dengan membentuk program Pengabdian Masyarakat (Abdimas) dengan menggelar sosialisasi Digital Marketing Kepada Pelaku UMKM.

Seiring dengan pesatnya teknologi, diharapakan dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran produk secara online dengan mengikuti dan memanfaatkan perkembangan teknologi agar para pelaku UMKM dapat meningkatkan pangsa pasar.

Digital Marketing merupakan penggunaan teknologi interaktif dalam menciptakan dan menghubungkan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah adanya interaksi antara konsumen spesifik dengan perusahaan.

Adapun tujuan dari digital marketing ini adalah untuk meningkatkan pangsa pasar dan menjangkau konsumen yang lebih luas dengan mengusung tema “Sosialisasi Digital Marketing guna Meningkatkan Pangsa Pasar UMKM di Desa Driyorejo, Gresik”, Minggu (29/05/2022).

Berawal dari permasalahan yang dialami pelaku UMKM kuliner dalam memanfaatkan digital marketing, mahasiswa KKN-T 40 UTM yang beranggotakan 16 Mahasiswa merasa perlu adanya pengembangan marketing dengan memanfaatkan pemasaran berbasis digital.

Selain itu, kegiatan sosialisasi ini mengundang pembicara yang sangat berkompeten di bidangnya, yaitu Santy Marlina, S.T., M.T. selaku Direktur PT. Ekspor Jaya Abadi. Dalam kesempatan tersebut, Santy memamparkan perlu adanya platform yang spesifik untuk menunjang pemasaran UMKM.

“Pikirkan dengan baik channel apa saja yang akan digunakan untuk menjangkau konsumen. Misalnya saja dengan menggunakan media sosial, website, instagram, dan lain sebagainya”, paparnya, peraih posisi Beauty Entrepreneur dengan level Gold Director.

Pemantik dan moderatir saat sosialisasi berlangsung.

Tidak hanya itu, dirinya juga menjelaskan mengenai kerangka bisnis model canvas, yang merupakan suatu strategi manajemen bisnis yang dibuat guna merancang planning perusahaan atas dasar proposisi nilai produk, perusahaan, fasilitas dan juga konsumen.

Beberapa elemen dari bisnis model canvas diantaranya seperti Customer Segmentation, Segmen Pasar, Value Proposition, Channels, Revenue Stream, Customer Relationship, Key Resource, Key Activities, Cost Structure.

Turut hadir Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Hisnuddin Lubis, S.Sos.,M.A, Mochammad Abdul Rochim selaku Sekretaris Desa. Kegiatan Sosialisasi digelar di Aula Desa Driyorejo, Kecamatan Driyorejo, Gresik.

Dalam kegitan tersebut, para pelaku UMKM kuliner saling berbagi cerita terkait pengalaman ataupun hambatan dalam digital marketing.

Kegiatan ini disambut baik oleh Mochammad Abdul Rochim, Sekretaris Desa, dan juga para peserta undangan yaitu pelaku UMKM kuliner karena dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat membantu para pelaku UMKM kuliner mengembangkan bisnisnya.

Harapan dari adanya kegiatan ini adalah dapat memiliki pengetahuan yang baik mengenai digital marketing dan dapat mengaplikasikan dalam bisnisnya, sehingga mempermudah untuk jual beli dan menarik konsumen serta dapat meningkatkan pangsa pasar pelaku UMKM kuliner di Desa tersebut.

(Adm/Adi)

Komentar