oleh

BMKG Prediksi Indonesia Terancam Kekeringan

-Nasional-250 views

Foto: Ilustrasi prediksi Indonesia terancam alami kekeringan panjang

Malang, Indotribun.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisiki (BMKG) prediksi Indonesia alami kekeringan panjang. Itu disebabkan curah hujan sedikit dan musim kemarau yang berkepanjangan.

Karenanya, Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB), sebelumnya sudah mengantisipasi dan melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah yang dampaknya paling parah. Disebut pulau Jawa mengalami dampak kekeringan terparah.

“Wilayah yang cukup serius alami kemarau panjang itu ada di wilayah Jawa, meliputi empat provinsi, yaitu, Jawa Timur, Jawa, Tengah, Jawa Barat, dan Yogyakarta. Selain itu pula Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Bali mengalami hal serupa,” ungkap Kepala Bidang Humas BNPB, Rita Rosita, dikutip dari Liputan6.com,Jumat (23/08/19).

Rita menegaskan, BNPB siap memberikan bantuan dalam mendistribusikan air bersih bagi warga yang membutuhkan ke lokasi yang mengalami dampak kekeringan.

Ia juga menambahkan, jikalau kebutuhan masyarakat masih belum terpenuhi semua mengenai air bersih, BNPB sudah mempunyai strategi lain.

“Jika tidak ada air, maka terpaksa solusi terakhir membuat Teknologi Modifikasi Cuaca (TCM) supaya hujannya turu,” pungkasnya.

Editor: LF

Komentar

News Feed