oleh

Catat! Ini Jadwal Perhelatan Akbar Olahraga yang Akan Digelar di Tahun 2022

Tahun 2022 akan menjadi tahun dengan jadwal perhelatan olahraga akbar terbnayak sepanjang sejarah (ist).

Indotribun.id, Olahraga- Setelah memasuki tahun yang baru, yaitu tahun 2022 tidak hanya resolusi diri sendiri yang perlu kita catat. Tahun 2022 akan menjadi tahun dengan ajang olahraga terpadat sepanjang sejarah.

Pandemi memang masih menjadi penghalang utama dari setiap aktivitas yang kita jalani, tak terkecuali berbagai Even kejuaraan Internasional maupun Nasional. Hal tersebut membuat beberapa ajang olahraga yang seharusnya dilaksanakan di tahun 2021 tertunda hingga tahun 2022.

Beberapa event olahraga kelas dunia pun direncanakan tetap digelar tahun 2022 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti batas maksimal penonton bahkan tanpa penonton sama sekali.

Selain itu, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia. Kali ini, Indotribun telah merangkum sejumlah event olahraga yang akan digelar tahun 2022, apa saja?

SEA Games ke-31 Digelar Mei 2022 di Vietnam

Penyelanggaraan SEA Games yang sempat dikabarkan tertunda akibat pandemi, melalui pernyataan Federasi SEA Games (SEAGF) diumumkan bahwa SEA Games akan dijadwalkan ulang pada 12-23 Mei 2022. Vietnam rencananya masih akan menjadi tuan rumah di ajang tersebut. 

Sebagai informasi tambahan, multiajang SEA Games ke-31 akan mempertandingan 526 ajang dari 40 cabang olahraga. Cabor ini dipilih setelah evaluasi bersama oleh panitia penyelenggara, Komite Olimpiade Vietnam, dan berdasarkan Piagam dan Aturan SEAGF.

Asian Games Hangzhou 2022

Selain itu, dilansir dari laman resmi Asian Games Hangzhou, salah satu ajang kompetisi olahraga terbesar di Asia, Asian Games akan kembali hadir dan memasuki tahun ke 19-nya di tahun 2022 mendatang.

Ajang kompetisi olahraga ini akan diadakan di Hangzhou, Cina pada bulan September 2022. Akan ada banyak cabang olahraga yang dipertandingkan di event ini dan salah satunya adalah esports.

Formula E 2022

Setelah mendapat kepastian akan menjadi tuan rumah untuk World Superbike (WorldSBK) dan MotoGP, Indonesia juga akan menggelar satu lagi ajang balap internasional, yakni ABB FIA Formula E. Formula E rencananya akan diselenggarakan di Jakarta, 4 Juni 2022. Keputusan ini ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris (15/10/2021) yang sekaligus meratifikasi kalender balapan musim kedelapan tahun 2021/2022.

Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA) memutuskan lokasi lintasan atau sirkuit balap Formula E di Ancol bernama Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Ancol dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Formula E setelah melalui serangkaian kajian mendalam dari pihak Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 akan digelar tanpa penonton dari luar China. Penyelenggara olimpiade menyampaikan hanya orang-orang yang tinggal di daratan Tiongkok yang diizinkan menghadiri Olimpiade Musim Dingin Beijing Februari mendatang. 

Hal itu dilakukan mengingat kasus Covid-19 masih melonjak. Adapun Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 akan digelar mulai 4 Februari.

Jelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, sejumlah boikot atas event ini menjadi sorotan.

MotoGP 2022, Balapan Kedua di Mandalika

Dalam rangkaian seri balap tahun 2022, Indonesia masuk menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara MotoGP, yakni di Sirkuit Mandalika, Lombok. Indonesia akan menjadi tuan rumah pada balapan kedua pada 20 Maret 2022.

Piala Dunia FIFA 2022 

Perhelatan akbar sepak bola dunia akan digelar juga di tahun 2022. Mengutip dari lama resmi FIFA, perhelatan akbar Piala Dunia 2022 Qatar akan berlangsung mulai tanggal 21 November sampai 18 Desember 2022.

Puluhan tim dari berbagai negara yang lolos nantinya akan dibagi kembali dalam beberapa grup.

Asian Youth Games Shantou

Sebelumnya, Asian Youth Games direncanakan untuk diadakan pada November 2021 di Kota Shantou, Guangdong, China bagian selatan.

Namun, Olympic Council of Asia (OCA) menunda penyelenggaraannya hingga Desember 2022 karena pandemi Covid-19. Asian Youth Games akan berlangsung mulai tanggal 20 Desember sampai 28 Desember 2022.

(Indotribun/Faruq)

Komentar