oleh

Cermin Bhinneka Tunggal Ika, Unusia dan Ukrida Lakukan Kerjama Pertukaran Mahasiswa

Civitas Akademika Ukrida, Unusia dan mahasiswa saat zoom meeting (ist).

Indotribun.id, Jakarta- Universitas Nahdlatul Ulama (Unusia) bersama Universitas Kristen Krida Wacana jalin kerjasama pertukaran mahasiswa.

Hal tersebut juga dilakukan guna persiapan karier yang komprehensif pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenbud-Ristek) Republik Indonesia demi mempersiapkan generasi terbaik Indonesia dengan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Berdasarkan hal tersebut, Ukrida dan Unusia menjalin kerjasama dengan teken MoU, MOA dan IA dalam mengimplementasikan MBKM.

Menurut Muhammad Aras Prabowo, Ketua Program Studi (Kaprodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Dalam IA yang diselanggarakan oleh Prodi Akuntansi Ukrida dan Unusia melaksanakan pertukaran mahasiswa. Jadi mahasiswa akan belajar dan memperluas jaringan diluar program studi atau kampus asal.

“Hari ini kita sudah lakukan kegiatan pelepasan mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan di Program Studi Akuntansi Ukrida” ungkap Aras. Senin (21/02).

Ada lima mahasiswa dari Prodi Akuntansi Unusia yang di utus kuliah di sana. Diantaranya, Alviansyah Sugama, Roro Ranggika, Rochmatul Ummah, Lely Irwana dan Cahya Dibah Al Adawiyah mereka adalah mahasiswa semester 4 dan akan mengikuti mata kuliah Fintech and Data Analytics di Ukrida selama satu semester, lanjut Aras.

Kegiatan pelepasan diikuti oleh Pimpinan Fakultas yaitu Taufik Hidayadi, SE,. M.Si (Dekan FEB Unusia), M. Zuhdi (Wakil Dekan FEB Unusia), Muhammad Aras Prabowo, SE,. M.Ak, Habsyah Fitria, S.Akun,. M.Ak (Sek. Prodi Akuntansi Unusia), Dr. Melitina Tecoalu, SE, MM, CFP® (Dekan FEB Ukrida), Dr. Lambok D. R.Tampubolon, S.E., M.Si (Wakil Dekan Ukrida), Dr. Diana Frederica, S.E., M.Ak.,CFP., CHCP-A (Kaprodi Akuntansi Ukrida), Febriani C.S. Magdalena, S.E., M.S.Ak (Sek. Akuntansi Ukrida) dan para mahasiswa.

Taufik selaku Dekan FEB Unusia menyampaikan bahwa kerjasama dalam pertukaran mahasiswa adalah hal yang baru dalam lingkungan Unusia. Prodi Akuntansi adalah yang pertama dalam menginisiasi program MBKM sebagai bentuk pertukaran mahasiswa dengan Prodi Akuntansi Ukrida.

“Kami berharap dari pertukaran mahasiswa ini mampu menjadi jembatan dalam pertukaran ilmu pengetahuan dan nilai antara dua kampus yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dan pengelolaan manajemen universitas” jelas Taufik.

Sedangkan Meli Dekan FEB Ukrida menyampaikan apresiasi atas terselanggaranya kerjasama pertukaran mahasiswa antara kedua Prodi. Kami berharap input dari kerjasama ini, termasuk peningkatan kompetensi dan pengelolaan manajemen.

“Kami memiliki value yang kami tanamkan kepada setiap mahasiswa kami, harapannya value tersebut juga mampu diimplementasikan oleh mahasiswa Unusia yang mengikuti perkuliahan di kampus kami” harap Meli.

Dalam penutupnya, Taufik menyampaikan bahwa kerjasama ini adalah bagian dari penguatan falsafah Bhineka Tunggal Ika dan diharapkan terjadi dialog lintas iman antara dua universitas.

Alvian selaku perwakilah mahasiswa Akuntansi Unusia juga berharap bimbingan dari dosen dan civitas akademik Ukrida selama mereka mengikuti perkuliahan dan kerjasama ini bisa terus berlanjut untuk meningkatakan wawasan mahasiswa kedua kampuas.

Kegiatan pelepasan dilaksanakan melalui zoom meeting pukul 09:00 s.d 10:30 dan perkuliahan akan dimulai awal Maret 2022.

(Frq/Frq)

Komentar