oleh

Crab Mentality: Perilaku yang Dapat Memperlambat Kesuksesan Anda

Ilustrasi; Kepiting (wasatha.com)

Indotribun.id- Anda pasti pernah menemukan seorang teman atau sahabat anda yang selalu memberikan komentar negatif atas kesuksesan orang lain? Atau mungkin anda sendiri pernah menjadi korban dari adanya komentar negatif tersebut? Atau bahkan, justru anda sendiri yang kerap bersikap seperti itu terhadap teman karib anda?

Waspadahlah, dan utamakan untuk intorpeksi diri. Mungkin anda atau orang lain yang seperti itu sedang mengalami crab mentality. Ya, istilah crab mentality ini memang dianalogikan dengan sifat kepiting aslinya. Mental kepiting cenderung ditemukan, misalnya; pernahkah anda melihat bahwa ketika kepiting naik dan keluar dari ember, kepiting yang lainnya akan mencapit dan menarik kepiting tersebut agar masuk kembali ke dalam ember.

Perilaku kepiting tersebut memang dapat diartikan sebagai rasa solidaritas yang tinggi, karena tidak ingin temannya keluar dari ember dan mati untuk dijadikan santapan. Namun, jika tafsir itu mengarah pada ranah yang dialami manusia, sikap ini dapat dimaknai dengan adanya pola pikir egois dan iri terhadap kesuksesan orang lain.

Perilaku ini dimaknai sebagai adanya seseorang yang mencoba untuk menarik temannya jatuh agar tidak meraih kesuksesan. Sebab, orang yang seperti itu memiliki sifat iri dengki, agar teman yang berada disekitarnya tetap stagnan ditempat.

Teman anda mungkin pernah menegur anda seperti ini “Ngapain nulis? Mau jadi Boy Candra?”, atau anda pernah ditegur seperti ini. “Coba jadi orang biasa-biasa aja, hidup seadanya gak perlu neko-neko, toh juga anaknya petani.” Atau yang lebih ekstrim, “ngapain kuliah? Cuma ngabisin duit orang tua.” Dan masih banyak macam cara orang yang berwatak seperti kepiting itu.

Seorang teman yang memiliki sikap demikian atau jika anda berada pada lingkungan yang seringkali meremehkan bakat anda, usaha anda, dan segala hal baik yang ingin anda lakukan, segeralah menghindar dari zona tersebut. Sebab, itulah salah satu yang akan membuat anda sulit untuk berkembang.

Secara sederhana, crab mentality atau mentalitas kepiting dapat didefinisikan sebagai perilaku seseorang yang menjatuhkan dan menghalangi orang lain dalam meraih kesuksesan. Perilaku crab mentality dapat dilihat seperti adanya sikap meremehkan, menjatuhkan, hingga memanipulasi orang lain.

Perilaku crab mentality dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  1. Kerap merasa iri dan kesal ketika orang lain berhasil mendapatkan apa yang diinginkannya.
  2. Memiliki pemikiran “jika saya tidak dapat mendapatkannya, begitu pula dengan Anda”.
  3. Kerap menanggapi keberhasilan orang lain dengan komentar yang bersifat meremehkan dan menjatuhkan.
  4. Selalu berpikiran bahwa keberhasilan orang lain selalu berkaitan dengan faktor keberuntungan dan hak istimewa (privilege), bukan dari hasil usaha orang tersebut.

Keadaan dan situasi seperti ini, tentunya akan membuat anda sulit untuk merasa tulus dan menghargai pencapaian teman atau orang lain. Perilaku crab mentality tersebut akan menimbulkan perasaan iri dan mencoba membuat orang tersebut berada di tingkat atau level yang sama terhadap diri anda.

Oleh karena itu, mulailah untuk selalu mengapresiasi pencapaian teman, kerabat, dan siapapun yang terasa dekat dalam kehidupan anda. Jadikan pembelajaran atas kesuksesan mereka untuk menumbuh-kembangkan produktivitas di dalam diri anda.

(Indotribun/Faruq)

Komentar

News Feed