oleh

Di Hari Pers Nasional 2022, Jokowi: Kebebasan Pers Adalah Pilar Penting Kemajuan Indonesia

Presiden Jokowi di Hari Pers Nasional 2022 (ist).

Indotribun.id, Jakarta- Di peringatan Hari Pers Nasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kebebasan pers merupakan pilar penting dalam demokrasi di Indonesia.

Sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, bagi Jokowi, sapaan akrabnya menyampaikan bahwa pers merupakan salah satu pilar penting dalam proses kemajuan Indonesia. Dirinya juga menyampaikan kritik dan saran dari pers sangat penting.

“Sebagai salah satu negara demokrasi terbesar dunia, kebebasan pers adalah pilar penting kemajuan Indonesia, kebebasan pers dan perlindungan terhadap profesi wartawan dijamin dalam UU. Kritik, masukan, dan dukungan dari insan pers sangat, sangat, penting,” kata Jokowi dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional 2022 sebagaimana disiarkan virtual, Rabu (9/2/2022).

“Mengingatkan jika ada yang kurang, yang perlu diperbaiki, mendorong yang masih lamban, dan juga mengapresiasi yang sudah berjalan dengan baik. Agar seluruh jajaran pemerintah dari pusat sampai ke daerah dan desa bekerja dalam frekuensi yang sama, visi yang sama untuk negara kita, untuk Indonesia maju,” sambung Jokowi.

Jokowi juga memandang kritik dan masukan itu perlu bagi perbaikan kerja pemerintah. Menurut Jokowi, kritik dan masukan itu akan memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan Indonesia.

“Pemerintah menyadari bahwa kerja besar transformasi bangsa ini masih banyak kekurangan dan keterbatasan. Karena itu pemerintah selalu terbuka menerima masukan-masukan dari insan pers agar langkah-langkah besar ini betul-betul bisa tereksekusi dan dijalankan di lapangan sehingga membawa perubahan dan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan Indonesia,” ujar Jokowi.

Lanjut Jokowi, dengan adanya pers, mata dunia akan tertuju pada Indonesia. Pers dinilai mempunyai tugas besar ikut serta menyukseskan agenda-agenda kerja pemerintah.

“Pers punya tugas besar untuk menyukseskan agenda-agenda penting tersebut, memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan berharga yang kita miliki dengan mengabarkan kabar baik dan kabar kebaikan, menunjukkan ketangguhan dan kekuatan kita, kekompakan, persatuan, gotong royong, solidaritas yang menjadi modal penting kita dalam menghadapi pandemi,” imbuh Jokowi.

Sebagai Informasi, agenda besar pemerintah ke depan salah satunya adalah G20 2022. Dikethaui G20 atau Group of Twenty merupakan salah satu forum multilateral yang diikuti oleh Indonesia.

(Frq/Frq)

Komentar