oleh

DIY Jadi Satu-Satunya Provinsi Tanpa Pj Gubernur

Foto: Sri Sultan Hamengku Buwono X Gubernur DIY (Instagram @Kominfodiy).

Indotribun.id, Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi satu-satunya daerah tanpa Penjabat (Pj), saat sejumlah wilayah di Indonesia akan melakukan pergantian Gubernur yang di ganti oleh Pj yang dipilih langsung oleh presiden.

Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan Pilkada 2024 mendatang. Sampai saat ini telah dilakukan 5 pergantian Jabatan di Indonesia bagian timur berjumlah lima provinsi.

Namun, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak akan melakukan hal tersebut. Pasalnya, berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY (UUK), dimana jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur tidak ditentukan dari hasil pemilihan langsung.

Dalam UU tersebut dijelaskan, Gubernur DIY dijabat oleh Sultan atau Raja yang bertahta di Keraton Yogyakarta. Sedangkan, untuk Wakil Gubernur DIY dijabat oleh Adipati Paku Alam yang bertahta.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji memastikan, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X akan dilantik lagi tahun ini karena masa jabatan lima tahun sudah habis.

“DIY ini nanti, berbeda dengan provinsi lain, karena kita (DIY) satu-satunya yang akan ada gubernur baru di tahun 2022. Provinsi lain itu Pj semua, sementara di DIY selalu tepat waktu,” ungkapnya melalui keterangan tertulis, pada Kamis (19/5/2022).

Meski begitu, jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY sejak lama sudah sama dengan daerah lain yakni lima tahun.

Sampai saat ini, pihaknya tengah menyusun Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Akhir Masa Jabatan (LKPJAMJ) untuk memenuhi kewajiban Gubernur dan Wakil Gubernur DIY di akhir masa jabatannya.

“Dokumen LKPJ AMJ Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Tahun 2017-2022 ini akan disampaikan kepada DPRD DIY dalam waktu 30 hari setelah adanya pemberitahuan pimpinan DPRD DIY, tentang berakhirnya masa jabatan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DIY,” ujarnya. 

(Adm/Dik)


Komentar