oleh

Gelar Bincang Buku, Komunitas Malam Reboan Bangun Budaya Literasi

-Nasional-422 views

Komunitas Malam Reboan saat menggelar Bincang Buku dan Proses Kreatif Kumcer Orang-Orang Desa di Holo Coffe, Malang, Selasa (15/10/2019)

Malang, Indotribun.id – Komunitas Malam Reboan konsisten memperkenalkan sastra dan membangun budaya literasi di Kota Malang. Salah satunya dengan mengadakan acara bincang buku dan proses kreatif kumpulan cerpen bertajuk ‘Orang-Orang Desa’ karya Ahmad Luel.

“Banyak penulis-penulis yang mesti kita apresiasi. Acara bincang buku adalah bentuk mengapresiasi dan menghargai sebuah karya. Dan Komunitas Malam Reboan akan selalu konsisten memperkenalkan karya dan penulis hebat yang ada di Kota Malang itu sendiri,” kata salah satu anggota komunitas, Syamsul Arifin, saat menyampaikan sambutan di Holo Coffee, Selasa (15/10/2019).

Sementara itu, Ahmad Luel selaku penulis sekaligus pemateri bincang buku tersebut menjelaskan proses kreatifnya hingga menerbitkan buku.

“Saya awalnya melihat fenomena yang terjadi di desa saya, kebetulan saya orang desa. Di sana saya menemukan hal-hal yang membuat saya harus menulisnya. Mungkin lebih kepada luapan kekecewaan dengan apa yang terjadi di desa. Misal di dalam buku ini ada judul ‘harapan petani cabai’ itu mungkin salah satunya,” katanya saat menyampaikan di depan forum.

Ahmad Luel atau yang biasa dipanggil Mas Luel itu menuturkan, buku Orang-Orang Desa, selain menjelaskan tentang keadaan di desa, orang-orangnya pun tidak ketinggalan, bagaimana bentuk-bentuk pola pikir orang desa. Sampai kepada cara menggunakan alat teknologi yang canggih seperti sekarang.

“Sebelum menulis biasanya saya melakukan semacam observasi. Kemudian di situ saya mendapatkan ide. Atau bagaimana orang-orang desa yang baru tahu menggunakan teknologi,” imbuh pemuda asal Malang tersebut.

Ia juga beraharap kepada audien yang hadir pada acara tersebut untuk menulis hal-hal yang ada di lingkungan masing-masing sebagai langkah awal memulai proses kreatifnya.

“Tulislah keadaan yang ada di sekitar kita. Sebetulnya banyak ide timbul pada kehidupan kita sehari-hari. Dan Kemudian bisa untuk kita tulis,” tambahnya.

Editor: LF

Komentar

News Feed