oleh

Gunung Merapi Kembali Semburkan Lava Pijar, Status Siaga Level III

Situasi terkini Gunung Merapi saat keluarkan lava pijar (istimewa).

Indotribun.id, Jawa Tengah- Darurat bencana kembali terjadi di Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sampai saat ini, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menjelasnya Gunung merapi itu telah siaga level III.

Sesuai dengan laporan yang disampaikan BPPTKG, Gunung Merapi tersebut telah menyemburkan 11 kali pijaran lava dalam kurun periode pengamatan dari 00.00 WIB hingga 06.00 WIB.

“Teramati guguran lava pijar 11 kali jarak luncur maksimum 1.500 meter ke arah barat daya,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangannya, Rabu (08/12/21).

Dilaporkan juga bahwa ada asap putih bertekanan lemah dengan intensitas sedang hingga tebal di puncak kawah Gunung Merapi. Asap tersebut disinyalir memiliki ketinggian 15 sampai 20 meter.

Dalam periode pengamatan itu tercatat pula Gunung Merapi mengalami 41 kali gempa guguran, satu kali gempa embusan, dan 11 kali gempa fase banyak.

Dilansir dari kompas.com, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 kilometer ke arah Sungai Woro dan sejauh 5 kilometer ke arah Sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Dalam peristiwa terjadinya bencana ini, Masyarakat diminta tidak berkegiatan di daerah potensi bahaya.

Selain itu, diharapkan mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

(Indotribun/Faruq)

Komentar