oleh

Harga Anjlok Ratusan Petani Tembakau di Pamekasan Bakar Hasil Panen

-Regional-280 views

Aksi membakar hasil panen tembakau di depan kantor Kabupaten Pamekasan, Rabu, (28/08/2019) pagi

Malang, Indotribun.id – Sambil menggelar aksi unjuk rasa para petani bersama Forum Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Revolusi (Formasi) di Kabupaten Pamekasan membakar hasil panennya di depan kantor Bupati Pamekasan, Rabu (28/08/19).

Aksi tersebut merupakan bentuk protes karena harga tembakau anjlok dan tidak sesuai berdasarkan ketetapan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah Kabupaten Pamekasan.

“Jelas,  harga tembakau sangat merugikan para petani. Sekarang harga di petani anjlok, per kilo Rp 29.000 untuk semua jenis tembakau. Maka dibakar saja biar tahu kalau tembakau tidak ada harganya,” ungkap Abdul Aziz, salah satu petani yang ikut aksi.

Dilansir dari Kompas.com, sebelumnya Pemkab Pamekasan menetapkan harga tembakau per kilogram sebesar Rp 40.000 untuk tembakau daerah pegunungan, Rp 32.000 untuk tembakau daerah sawah dan Rp 31.000 untuk tembakau daerah tegal.

Koordinator aksi, Iklal, mengatakan bahwa petani telah dipermainkan. Sementara itu Pemkab Pamekasan juga tidak tegas dalam mengambil keputusan, sehingga pengusaha sewenang-wenang membeli tembakau dari petani.

“Ini karena ketidaktegasan dari Pemkab itu sendiri, dampaknya tehadap petani yang merasa dipermainkan oleh pengusaha-pengusaha tembakau,” pungkasnya.

Editor: LF

Komentar

News Feed