oleh

Hari AIDS Sedunia: Sejarah dan Kata-kata Inspiratif dari Para Tokoh Dunia

Peringatan Hari AIDS Sedunia tepat hari ini (Dok/Pri).

Indotribun, Kesehatan- Peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember menjadi momentum tersendiri bagi para pejuang kesehatan untuk terus meningkatkan edukasi pada masyarakat. Banyak masyarakat merayakan hari yang mengingatkan kita akan pentingnya kesehatan tersebut.

Tujuan diperingatinya Hari AIDS sedunia untuk mengingatkan orang-orang mengenai salah satu penyakit paling berbahaya di dunia, yakni HIV-AIDS.

Orang-orang dari seluruh dunia bersatu menunjukkan dukungan kepada mereka yang hidup terserang penyakit HIV-AIDS dan mengenang mereka yang kehilangan nyawa akibat AIDS.

Sebenaranya, Penyakit AIDS berawal dari HIV (Human Immunodeficiency Virus), disebabkan oleh virus yang merusak sistem kekebalan tubuh kita. Virus ini menginfeksi dan menghancurkan jenis sel darah putih di dalam tubuh sehingga daya tahan tubuh dapat memburuk dan rentan diserang penyakit.

Dilansir dari kompas.com, HIV bisa ditemukan di sejumlah cairan tubuh seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan anorectal dan ASI. Penyakit HIV bisa dikendalikan dengan konsumsi obat-obatan terapi untuk menjaga kondisi tubuh.

Namun penyakit HIV yang tidak tertangani akan berkembang sampai ke stadium 3, yang kemudian disebut dengan AIDS alias Acquired Immunodeficiency Syndrome.

Sebagai penyemangat untuk para korban penyakit mengerikan itu, berikut dirangkum dari beberapa sumber, kata-kata isnpiratif para tokoh dunia untuk tetap semangat melawan penyakit HIV-AIDS;

  1. “Sudah cukup buruk banyak nyawa hilang karena AIDS, tetapi tidak seharusnya ada yang meninggal karena ketidaktahuan” – Elizabeth Taylor.
  2. “HIV tidak membuat seseorang menjadi berbahaya, jadi kalian bisa bergandengan dan memberi mereka pelukan: mereka sangat membutuhkan itu” – Putri Diana.
  3. Being seen does have value. A voice does have value. I have the support of my boyfriend, my great friends and my loving parents. Many do not and thi is, in part, for them” – Olympian Ji Wallace.
  4. “Kita hidup di dunia yang saling ketergantungan, dimana kita tidak bisa mengabaikan satu dengan lainnya. Bagaimana kita merespon AIDS, merupakan cara kita mengerti apa arti ketergantungan. AIDS bukan masalah orang lain, tetapi masalah kita bersama” – Bill Clinton.
  5. We’re standing here in Philadelphia, the city of brotherly love, the birthplace of freedom, where the founding fathers authored the Declaration of Independence. I don’t recall that glorious document saying anything all straight men are created equal. I believe it says all men are created equal” – Joe Miller.

(Indotribun/Wakid)

Komentar