oleh

Heboh Soal Hepatitis Anak di Bawah Umur, Pahami Gejala dan Ciri-Cirinya

Ilustrasi: gejala dan ciri-ciri Hepatitis. Foto: @hepatitisawareness.

Indotribun.id, Kesehatan – Kasus masyarakat dunia mengalami Hepatitis Akut belakangan ini menjadi misteri dan menghebohkan manusia di belahan dunia.

Negara di berbagai belahan dunia seperti di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia telah melaporkan temuan kasus Hepatitis yang menyerang anak di bawah usia 16 tahun. Bahkan penyakit tersebut telah sampai di masyarakat Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin menghimbau agar masyarakat tetap waspada akan penyakit tersebut. Budi menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk selalu memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi demi menekan penularan penyakit tersebut.

“Biasanya kalau dia buang air besar kemudian mulai ada demam itu dicek SGPT dan SGOT-nya. Kalau sudah di atas 100, lebih baik di-refer ke fasilitas kesehatan terdekat. Karena SGPT dan SGOT normalnya di 30-an,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (9/5/2022).

Dilansir dalam laman resmi Kemenkes RI, spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI dr. Hanifah Oswari, SpA menjelaskan gejala awal penyakit hepatitis akut diantarnya adalah mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan.

Lebih lanjut, terkadang muncul gejala lebih berat berupa air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat.

Selain itu, Budi juga menambahkan terkait ciri-ciri penyakit hepatitis akut ditandai dengan demam. Pengidap penyakit ini juga akan menunjukkan indikator serum glutamic oxaloacetic transaminase (SGOT) dan serum glutamic pyruvic transaminase (SGPT) yang tinggi.

“SGPT dan SGOT itu normalnya di level 30-an. Kalau udah naik agak tinggi lebih baik refer ke fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) terdekat,” ujarnya dia.

(Adi/Ald)

Komentar