oleh

HUT TNI Ke-76, Jokowi Apresiasi Kinerja TNI dalam Menangani Covid-19

Presiden Jokowi saat berpidato di HUT TNI ke-76 (Foto: Istimewa)

Indotribun.id, Jakarta- Selasa, 5 Okotober 2021 merupakan hari yang sangat spesial bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI), karena tepat hari ini TNI merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-76.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara pada perayaan HUT TNI ke-76. Upacara diselenggarakan di Lapangan Istana Merdeka. Sebagaimana yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, acara digelar dengan terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Presiden Jokowi, berbicara banyak di HUT TNI ke-76 ini, termasuk persoalan pandemi yang terus terjadi. Namun Jokowi sangat mengapresiasi terhadap kinerja TNI yang telah bekerja sangat keras dan ikut serta dalam menangani pandemi Covid-19.

Jokowi menyampaikan keberhasilan penanganan Covid-19 tidak lepas dari peran besar TNI sejauh ini. Bagi Jokowi tanpa bantuan TNI, mungkin kasus Covid-19 akan melonjak drastis.

“TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan,” ujar Jokowi, dikutip dari detik.com, Selasa (05/10/2021).

Presiden Jokowi saat menuju halaman istana didampingi Wapres dan Panglima (foto:istimewa)

Selain itu, Jokowi memberikan arahan kepada TNI untuk lebih transformatif menjadi kekuatan yang berperan dilingkungan strategis. Tidak hanya itu, Jokowi juga lebih menekankan pada penguatan budaya positif TNI untuk tetap konsisten.

“Penguatan budaya strategis prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi fondasi utama transformasi pertahanan yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat, dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang defensif aktif, dengan pertahanan berlapis dan memanfaatkan lompatan teknologi militer dan investasi pertahanan yang terencana,” imbuhnya.

Sebagai informasi tambahan, hadir dalam acara tersebut Wapres Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud Md, Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan KSAD Jenderal Andika Perkasa, serta KSAL Laksamana Yudo Margono, hingga KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

(Indotribun/Faruq)

Komentar

News Feed