oleh

Impian Calon Pemimpin Muda Masa Depan Kabupaten Malang

Pramudito Entrepreneur Muda dan Pemimpin Masa Depan (ist)

Indotribun.id- Pramudito, seorang pemuda yang berkeinginan menjadi bupati Malang ini, mengungkapkan tentang makna hari sumpah pemuda tersebut. Menurut Pramudito sumpah pemuda ini yakni: Sumpah Pemuda adalah sebuah ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Detik-detik lahirnya Sumpah Pemuda ini terjadi pada rapat ketiga Kongres Pemuda II. Dirangkum dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ikrar Sumpah Pemuda adalah hasil putusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres tersebut digelar setelah sebelumnya dilaksanakan Kongres Pemuda I mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta). Namun, Kongres Pemuda I diakhiri tanpa hasil yang memuaskan.

“Maka dari itu kita sebagai pemuda harus mempunyai jiwa semangat dan tetap terus semangat Kita masih muda,” ujar Pramudito.

Pramudito kini mempunyai bisnis cafe Saeyang dan Printing, Pramudito memulai bisnis mulai tahun 2019 di usianya yang masih terbilang muda. Tapi, bagi Pramudito yakin sukses di usia muda itu sangat keren.

“Sukses di usia yang masih muda itu sangat keren,” ungkap mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Merdeka (Unmer) Malang.

Kedepannya, pramudito memiliki planing ingin mempunyai banyak bisnis tentunya, tidak hanya fokus di Malang, melainkan diluar Malang.

“Keedepan saya fokus planing pengembangan usdaha diluar malang,” imbuhnya.

Pramudito juga memberikan tips agar sukses di masa muda tentunya yaitu :

  • Tetapkan Tujuan Hidup Sejak Awal

Orang yang sukses biasanya memiliki keinginan yang kuat dan tujuan yang jelas. Biasanya mereka yang meraih kesuksesan di usia muda telah menetapkan tujuan yang ingin dicapai sejak dini.

Oleh karena itu, jika ingin sukses di usia muda sebaiknya kamu mengetahui dan menetapkan tujuan hidupmu sejak awal. Pasalnya, dengan cara ini kamu akan lebih fokus saat menjalani pekerjaan dan kehidupanmu secara keseluruhan.

Pastikan kamu memiliki gambaran tentang apa yang ingin kamu lakukan dalam hidup beberapa tahun ke depan. Kemudian kesuksesan seperti apa yang ingin kamu capai nantinya.

Setelah itu, tulis semua tujuan kamu di buku catatan atau di mana pun yang bisa dengan mudah kamu lihat. Tujuan hidup ini yang nantinya bisa terus memotivasi kamu saat sedang mengalami tantangan dan kesulitan ini.

  • Fokus Menjadi Cara Sukses di Usia Muda

Setelah menetapkan tujuan hidup dan kesuksesan yang ingin dicapai di masa depan, cara sukses di usia muda adalah kemampuan fokus. Kamu harus bisa fokus untuk mencapai tujuan yang Sudah direncanakan.

Latihlah terus dirimu untuk bisa fokus dan tidak tergoda untuk menyerah saat dalam perjalanan mencapai tujuan tersebut. Jangan biarkan pikiran lain mengganggu konsentrasimu, bangun pemikiran positif dan terus teguh pada pendirian yang kamu miliki.

  • Jangan Takut Memulai

Banyak orang yang gagal bahkan sebelum memulai. Agar bisa sukses di usia muda sebaiknya buang jauh-jauh pikiran negatif yang membuat kamu takut memulai sesuatu. Jangan ragu untuk mewujudkan ide-ide dan impian yang kamu miliki.

Selama hal tersebut tidak merugikan orang lain atau menjurus pada tindakan yang dilarang oleh hukum negara maupun agama, lakukan apa yang kamu cita-citakan sedini mungkin. Jangan takut untuk memulai sesuatu, karena siapa tahu hal yang kamu lakukan itu akan membuat kamu semakin dengan kesuksesan dan impian yang kamu miliki.

  • Buat Target Berjangka

Cara sukses di usia muda dari nol, selanjutnya adalah kamu harus memiliki target yang berjangka. Misalnya, jika kamu ingin sukses berbisnis maka kamu harus memiliki target untuk bisnis tersebut. Misalnya untuk tiga bulan ke depan, lalu enam bulan, dan satu tahun ke depan.

Catat hal-hal yang ingin kamu capai dalam jangka waktu tersebut. Apabila kamu tidak memiliki target yang jelas, maka bisnis atau pekerjaan apapun yang kamu lakukan akan selalu berjalan di tempat atau tidak mengalami kemajuan.

Oleh karena itu, tentukan target yang ingin kamu capai secara berjangka, mulai dari jangka pendek, hingga target untuk jangka panjang.

  • Asah Terus Kemampuan Berpikir Kritis

Sebagai anak muda, kamu wajib memiliki kemampuan berpikir kritis. Terutama untuk hal-hal yang dapat menghalangi jalanmu untuk sukses. Kamu harus terus mengasah kemampuan berpikir kritis agar mampu menganalisis berbagai fakta dan opini yang beredar di masyarakat.

Dengan begitu kamu bisa menemukan solusi untuk segala permasalahan yang timbul. Dengan kemampuan berpikir kritis yang baik dan juga pikiran yang positif kemungkinan kamu untuk bisa sukses di usia muda pun semakin terbuka lebar,

Gimana? mau ikut jejak Pramudito, enterpreneur muda asal Kabupaten Malang.

(Indotribun/Faruq)

Komentar

News Feed