oleh

India-Cina Tandatangani Empat Kerjasama di Berbagai Bidang

-Dunia-149 views

Menteri Luar Negeri India S Jaishankar dan rekannya, Wang Yi dari Cina saat menandatangani perjanjian bilateral. (BUSINESS TODAY)

Malang, Indotribun.id – Untuk lebih memperkuat ikatan budaya dan hubungan antar masyarakat, India yang diwakili Menteri Luar Negeri, S Jaishankar dan rekannya Wang Yi dari Tiongkok menandatangani empat perjanjian pada hari Senin (11/8/2019).

Seperti yang dilaporkan Business Today (12/8), mengutip dari pernyataan resmi Pertemuan Ke 2 Mekanisme Tingkat Tinggi India-Cina tentang Pertukaran Budaya dan Masyarakat, empat perjanjian kerjasama tersebut adalah pertukaran budaya, perawatan kesehatan, olahraga dan kerja sama dalam manajemen museum.

Dikatakan bahwa kedua negara sepakat untuk saling mempromosikan pertukaran budaya. Promosi tersebut meliputi sisi pelestarian warisan budaya tak berwujud (non materi), organisasi kegiatan budaya dan pengelolaan situs warisan arkeologi.

Baik Jaishankar maupun Wang Yi sama-sama mengakui pentingnya meningkatkan kerjasama dalam bidang pengobatan tradisional. Sebagaimana diketahui, selama berabad-abad kedua negara memiliki banyak pengetahuan di bidang pengobatan tradisional. Karenanya, perjanjian dan kerja sama yang sudah ditanda tangani bertujuan mempromosikan pengembangan pengobatan tradisional dalam sistem perawatan kesehatan dua negara.

“Kedua pemimpin sepakat untuk mempromosikan pertukaran antara Asosiasi Olahraga Nasional kami, orang-orang olahraga dan pemuda untuk memperkuat kerja sama dalam acara-acara olahraga internasional,” kata pernyataan itu.

Selain daripada itu, kedua negara juga sepakat untuk bekerja sama dalam manajemen museum untuk mempromosikan kolaborasi antara Museum Provinsi Hubei, Wuhan dan Museum Nasional, New Delhi di bidang pameran, perlindungan dan pemulihan koleksi dan penggalian arkeologi untuk museum.

(LF)

Komentar

News Feed