oleh

Joe Biden Minta Maaf Pada Dunia, Benarkah Ada Sangkut Paut Donald Trump?

Joe Biden, Presiden Amerika Serikat Saat Berpidato di hadapan para pemimpin Dunia (Foto: Pikiran-rakyat.com)

Indotribun.id, Amerika Serikat- Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS) sampaikan permohonan maaf secara tiba-tiba dan mengungkapkan penyesalannya pada para pemimpin dunia. Hal itu Ia lakukan di sela-sela pertemuan iklim KTT COP 26 di Glasgow, Skotlandia, (01/11/2021).

Hal itu dilakukan Biden sebagai negarawan bukan lantas tanpa sebab. Biden meminta maaf atas tindakan pendahulunya Donald Trump yang menarik diri dari kesepakatan iklim global.

“Saya kira saya seharusnya tidak meminta maaf. Tetapi, saya meminta maaf atas kenyataan bahwa AS pada pemerintahan terakhir menarik diri dari Kesepakatan Paris dan membuat kami sedikit tertinggal,” ungkapnya dilansir dari CNBC Indonesia.

Selain itu, ia juga menegaskan dalih bahwa kesepakatan itu membunuh peluang ekonomi sangatlah salah besar. Justru menurutnya mengurangi perubahan iklim adalah cara lain untuk meningkatkan ekonomi bukan merugikan.

“Dalam malapetaka yang berkembang saat ini, saya percaya ada peluang luar biasa. Tidak hanya untuk AS tetapi untuk kita semua,” imbuhnya.

Dilansir CNBC Indonesia, sebelumnya, Badan Perdagangan dan Pembangunan PBB (UNCTAD) mengatakan upaya seluruh dunia, termasuk negara kaya, diperlukan untuk mengatasi krisis iklim. Terutama membantu negara-negara berkembang beradaptasi dengan ini.

Oleh karena itu, Biden berjanji akan ada tindakan nyata yang dilakukan AS. Bukan kata-kata semata.

“AS tidak hanya kembali ke meja tetapi mudah-mudahan memimpin dengan contoh .. Itulah mengapa pemerintahan saya bekerja lembur”.

“Perubahan iklim sudah melanda dunia… Kita memiliki kemampuan berinvestasi dengan diri kita sendiri dan membangun energi bersih yang adil dan dengan prosesnya menciptakan jutaan pekerjaan dan peluang gaji bagi seluruh dunia,” imbuhnya.

(Indotribun/Winda)

Komentar

News Feed