oleh

Jokowi Bakal Kunjungi Ukraina-Rusia, Siap Jadi Juru Damai Kedua Belah Pihak

Foto: Presiden Joko Widodo. (ist).

Indotribun.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertolak ke Eropa untuk menemui dua negara yang sedang dalam invasi, kedua negara tersebut adalah Ukraina dan Rusia.

Orang nomor satu RI itu akan mengunjungi Kyiv, Ukraina dan Moskow, Rusia. Hal itu bertujuan untuk bertemu presiden kedua negara, Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin.

Kunjungan akan dilakukan setelah menghadiri KTT G7 di Jerman pada 26-28 Juni mendatang. Namun belum ada tanggal pasti.

Hal tersebut dibenarkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi.

Dalam lawatan Jokowi nantinya, Retno mengatakan kunjungan tersebut dilakukan untuk menunjukkan kepedulian Indonesia terhadap isu kemanusiaan dan dorongan untuk perdamaian antar kedua negara.

Sebagaimana diketahui, konflik keduanya telah membawa sejumlah masalah bagi dunia, mulai dari krisis energi hingga kelangkaan pangan yang mengarah pada inflasi dan menyebabkan sejumlah negara di jurang resesi.

“Meski situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai Presiden G20 dan satu satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi. Tidak memilih untuk diam,” tegas Retno kepada wartawan, Rabu, (22/06/2022).

“(Indonesia) mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan akibat perang, yang dampaknya dirasakan oleh semua negara, terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah,” imbunnya.

(Frq/Adi)

Komentar