oleh

Jokowi Longgarkan Kebijakan Aturan Memakai Masker

Jokowi saat jumpa pers (@jokowi).

Indotribun.id, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melonggarkan kebijakan memakai masker. Hal itu sesuai dengan situasi terkini dimana kasus Covid-19 melandai turun.

Orang nomor satu Republik Indonesia menyampaikan ada beberapa kebijakan yang tetap sama dalam aturan memakai masker, yaitu masyarakat tetap diharuskan memakai masker di ruang tertutup dan saat menggunakan transportasi publik.

“Untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker,” ungkap Jokowi melalui instagramnya @jokowi, Selasa (17/05/2022).

Tidak hanya itu, jokowi juga tetap mewajibkan bagi masyarakat usia lanjut yang masuk kategori rentan dan lanjut usia dan memiliki komorbid disarankan untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas baik di dalam maupun luar ruangan.

“Kemudian bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” ujar Jokowi.

Berikut ini penjelasannya

Bapak ibu, saudara sekalian dengan memperhatikan posisi saat ini di mana penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali, maka perlu saya menyampaikan beberapa hal.

Pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker.

Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker. Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki komorbid saya tetap sarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Kemudian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas.

Kedua, bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen.

(Dik/Adl)

Komentar