oleh

Jokowi Pastikan Vaksin Booster Sampai Pada Semua Masyarakat, Ini Mekanisme dan Syaratnya

Jokowi pada saat blusukan ke masyarakat dan pastikan vaksin sampai dengan baik (ist).

Indotribun.id, Kesehatan- Presiden Joko Widodo (Jokowi) pastikan semua lapisan masyarakat mendapatkan vaksin booster sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

Hal tersebut disampaikan dengan Program vaksinasi Covid-19 booster gratis yang akan dimulai pada hari ini, Rabu (12/1/2022). Presiden Jokowi  memastikan, vaksin booster gratis ini akan sampai ditangan semua masyarakat dengan baik.

Tujuan diberikannya vaksin booster gratis adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengingat Covid-19 mudah dan terus bermutasi.

“Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” kata Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1/2022).

Lantas, seperti apa mekanisme lengkap vaksinasi booster?

Syarat untuk mendapat vaksin booster gratis hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang usia 60 tahun ke atas. Prioritas untuk kelompok rentan Berusia 18 tahun ke atas yang berada di kabupaten atau kota yang sudah memenuhi 70% suntikan pertama dan 60% dosis kedua Sudah divaksinasi dosis lengkap, dengan jangka waktu 6 bulan usai dosis kedua diberikan.

Dikutip dari laman kominfo.go.id, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, diperkirakan ada 244 kabupaten dan kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut.

Selain itu, ada sekitar 21 juta sasaran vaksin booster pada Januari 2022. Jenis vaksin ketiga atau booster yang diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis 1 dan 2 yang diterima, dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan.

Dirangkum juga dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, masyarakat yang termasuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di laman dan aplikasi PeduliLindungi. Tiket tersebut dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang sudah ditentukan.

Dikabarkan dari laman PeduliLindungi, masyarakat bisa mengunjungi pedulilindungi.id untuk mengecek status dan tiket vaksinasi dengan memasukkan “Nama Lengkap” dan “NIK”, lalu klik periksa.

Jika melalui aplikasi PeduliLindungi, masyarakat bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Buka aplikasi PeduliLindungi Masuk dengan akun yang terdaftar

Klik menu “Profi” dan pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19” Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun Untuk cek tiket vaksin, masuk ke menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”.

Jika termasuk kelompok prioritas tetapi belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi, Anda bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Terkait hal ini, Kemenkes mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan NIK dan nomor handphone milik orang lain saat mendaftar vaksinasi booster untuk menghindari kendala administrasi di kemudian hari.

(Indotribun/Faruq)

Komentar