oleh

Jokowi Putuskan Kalimantan Timur sebagai Lokasi Ibu Kota RI

-Nasional-212 views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengumumkan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibu kota negara Indonesia yang baru, di Istana Negara, Jakarta Pusat. (Republika)

Malang, Indotribun.id – Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi provinsi yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai lokasi ibu kota Republik Indonesia (RI) yang baru. Ini bukan hal baru. Wacana perpindahan ibu kota sudah mencuat sejak kepemimpinan presiden Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno. Namun, beberapa tahun belakangan wacana tersebut semakin menguat dan mencapai puncaknya tahun ini.  

Kaltim dipilih sebagai lokasi yang ideal untuk ibu kota yang baru. Melalui suratnya kepada DPR RI Jokowi menyampaikan, “Mempertimbangkan berbagai aspek sebagaimana hasil kajian terlampir, ibu kota yang paling ideal adalah di Provinsi Kalimantan Timur, yang terletak sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara dan sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara,” demikian bunyi petikan surat Jokowi, dikutip dari detikcom, Senin (26/8/2019).

Walaupun ibu kota pindah namun Jokowi juga menyampaikan bahwa Jakarta tetap kota yang akan tetap diprioritaskan dalam hal pembangunan. “Jakarta akan terus dikembangkan menjadi pusat bisnis berskala regional dan global,” tulisnya.

(LF)

Komentar

News Feed