oleh

Kenali Ciri-Ciri Orang Dewasa yang Bijaksana

Ilustrasi Dewasa yang Bijak selalu bersahaja (Dok/Pri).

Indotribun.id- Pepatah terdahulu pernah mengatakan “Umur tua belum menjamin kadar kedewasaan seseorang, namun kedewasaan menjamin kematangan seseorang”. Hal tersebut banyak kita temui disekitar kita.

Salah satu tanda kedewasaan pada diri seseorang dapat kita lihat dari bagaimana cara mereka bersikap yang bijaksana. Tentu semua orang pasti ingin memiliki sifat yang bijaksana, oleh karena itu hal tersebut sangat berkaitan dengan kualitas diri kita. Dengan sifat yang bijaksana, tidak hanya akan membuat kita disukai oleh banya orang, melainkan juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Lalu bagaimana caranya agar supaya diri kita tahu bahwa seseorang dapat dilihat kadar kedewasaannya dan bijaksana? Dilansir dari laman fenale.com, berikut ini beberapa ciri-ciri orang dewasa yang bijaksana.

  1. Berpikir Sebelum Berbicara

Meskipun dalam keadaan emosi, orang yang bijaksana akan selalu bersikap baik. Mereka tahu cara mengambil sikap dalam berbagai situasi, termasuk selalu bepikir sebelum berbicara. Jadi meskipun mereka sedang marah, mereka tidak akan mengeluarkan kata-kata di luar batas yang bisa menyakiti orang lain.

  1. Mempertimbangkan dengan Matang Sebelum Membuat Keputusan

Tidak semua orang bisa bersikap bijak saat mengambil keputusan. Namun berbeda dengan orang yang bijaksana, anda akan selalu mempertimbangkan dengan matang apapun yang menjadi keputusan dalam hidupnya, karena hal tersebut penting dalam kehidupannya.

  1. Bertanggung jawab

Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Jika terlanjur melakukan sebuah kesalahan, maka dia berani mengakuinya. Tidak usah mengelak dan pasang badan, apalagi mencari aman akan kesalahan dirinya.

Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia akan selalu mencoba memperbaiki keadaan dengan usahanya sendiri.

  1. Tidak Mudah Dendam

Orang yang bijaksana tidak mudah menyimpan dendam meskipun disakiti berkali-kali oleh orang lain. Justru dirinya akan menginstropeksi apa yang menjadi kesalahan dia dan apa yang menjadi kekurangan dirinya. Orang dewasa yang bijaksana melihat segala permasalahan dengan obyektif. Mereka juga tidak mudah menghamiki orang lain, yang membuat mereka mudah memaafkan kesalahan orang.

  1. Tidak Malu Meminta Maaf

Semua orang pasti pernah berbuat kesalahan, hal tersebut lumrah adanya, bukankah yang disebut dengan insan tidak akan pernah luput dari salah dan lupa? Namun tidak semua orang berani meminta maaf terlebih dahulu. Berbeda halnya dengan orang yang bijaksana, mereka tidak akan malu minta maaf terlebih dahulu jika merasa bersalah. Sebab, mereka mampu mengendalikan emosi dan gengsinya.

Nah, itu tadi ciri-ciri orang dewasa yang bijaksana. Jika anda memiliki beberapa tanda di atas, itu artinya anda termasuk orang yang bijaksana.

(Indotribun/Wakid)

Komentar

News Feed