oleh

Kenapa Di Indonesia Beranekaragam Suku Bangsa, Budaya dan Agama?

Keanekaragaman Indonesia (ist).

Indotribun.id, Edukasi- Pernah mendengar ungkapan “Jika di Eropa puluhan negara dengan satu budaya, tapi Indonesia adalah satu negara dengan berbagai suku, budaya, dan ras yang beragam.”

Ya, Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman suku bangsa dan budayanya. Apa yang menjadi faktor keberagaman tersebut?

Dikutip dari buku Pendidikan Lingkungan Sosial, Budaya, dan Teknologi yang ditulis oleh Dr. H. Sutirna, S.Pd., M.Pd.,  Ini dia faktor yang menyebabkan keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.

1. Letak Strategis Indonesia
Negara Indonesia terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, juga terletak di antara benua Asia dan Australia. Nah, letak Indonesia inilah yang menjadi perdagangan internasional berpusat di negara kita.

Lintas perdagangan tak hanya membawa komoditas dagang, namun juga pengaruh kebudayaan luar pada budaya Indonesia. Selain itu, kedatangan bangsa asing yang memiliki ras berbeda juga mempengaruhi keragaman ras, agama dan kepercayaan masyarakat Indonesia.

2. Negara Kepulauan
Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang terpisah. Hal ini menyebabkan sulitnya hubungan antar masyarakat dari pulau satu ke pulau yang lain.

Namun, di satu sisi, masyarakat tiap pulau mengembangkan budayanya masing-masing, sesuai tingkat kemajuan dan lingkungannya. Kondisi ini pun menyebabkan adanya keragaman suku bangsa, bahasa, budaya, hingga peran laki-laki dan perempuan, kepercayaan, ras hingga agama di Indonesia.

3. Kondisi Alam
Perbedaan masyarakat juga disebabkan oleh kondisi alam yang berbeda, seperti daerah pantai, pegunungan, dataran rendah, rawa hingga laut. Selain itu, kondisi kekayaan alam, tanaman yang dapat tumbuh serta hewan di sekitarnya turut berpengaruh.

Misalnya, masyarakat pantai punya bentuk rumah, makanan pokok, pakaian, kesenian hingga kebudayaan berbeda dengan masyarakat yang tinggal di pegunungan.

4. Transportasi dan Komunikasi
Perlu diketahui, kemajuan transportasi dan komunikasi mendukung adanya pertukaran budaya dari beragam wilayah di Indonesia. Sama pula, transportasi dan komunikasi terbatas juga mendukung keberagaman di Indonesia.

5. Penerimaan Masyarakat
Sikap masyarakat Indonesia terhadap hal-hal baru, termasuk budaya dari luar juga mempengaruhi keberagaman masyarakat di Indonesia. Misalnya, sebagian masyarakat perkotaan mudah menerima orang atau budaya asing, sementara, ada juga sebagian masyarakat yang tetap bertahan dengan budayanya.

So, sudah paham tentang keberagaman yang ada di Negara kita tercinta?

(Indotribun/Faruq)

Komentar