oleh

Ketika Ketum Parpol Koalisi Indonesia Bersatu Jadi Menteri Jokowi

Indotribun.id, Jakarta – Setelah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan resmi menjadi Menteri Perdagangan, akhirnya Kabinet Menteri Indonesia Maju terisi oleh Ketua Partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan. Zulhas menyusul dua ketum partai KIB yang sudah lebih dahulu masuk kabinet.

Dilansir dari berbagai sumber, Zulhas dilantik sebagai Mendag untuk menggantikan M Lutfi. Zulhas sendiri merupakan Ketum Partai PAN. PAN sendiri menjadi salah satu parpol yang masuk dalam KIB bersama dengan Golkar dan PPP.

Dengan masuknya Zulhas ke Kabinet Indonesia Maju, artinya sudah ada tiga ketum parpol KIB untuk membantu Presiden Jokowi.

Sebelumnya telah ada Ketum Golkar Airlangga Hartarto menjabat sebagai Menko Perekonomian. Sedangkan Ketum PPP Suharso Monoarfa menjabat Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Perlu diketahui, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) adalah salah satu koalisi yang sudah mendeklarasikan dirinya. KIB juga telah menandatangani nota kesepakatan.

Para Pimpinan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menandatangani nota kesepakatan itu.

Dalam tujuannya, Koalisi tersebut memiliki harapan besar dapat mengatasi hiruk pikuk politik di tahun 2024 hingga dapat berjalan tentram dan damai. Dengan begitu, dapat meminimalisir keterpecah-belahan rakyat.

“Malam ini menjadi malam yang bersejarah karena kami bertiga Partai Golkar, PAN dan PPP menandatangani kerja sama,” ujar Ketum Golkar Airlangga Hartarto kepada wartawan di Hutan Plataran, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (4/5/2022).

Sebagai informasi, Partai Kebangkitan Bangsa (KIB) sempat ingin bergabung dengan KIB dan menyodorkan Ketua Umumnya, Muhaimin Iskandar untuk menjadi Capres. Namun hingga sampai saat ini belum ada kejelasan terkait posisi partai yang telah didirikan oleh Gusdur itu.

(Adl/Dik)

Komentar