oleh

Kisah Mitos Asal-Muasal Danau Ranu Kumbolo di Kaki Gunung Semeru

Kisah mitos dibalik keindahan Danau Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru (Istimewa).

Indotribun.id, Sejarah- Kita semua mungkin mengalami duka yang mendalam terkait peristiwa yang terjadi akibat erupsi gunung semeru yang indah di jawa timur tersebut. Ya, gunung semeru merupakan salah satu gunung yang indah di jawa timur. Bahkan keindahan Gunung Semeru yang menjulang tinggi itu, tepatnya di Kabupaten Lumajang dan Malang, selalu membuat takjub mata yang memandangnya. Itu juga yang memikat hati orang untuk mendakinya hingga ke puncak.

Namun di balik keindahannya, Gunung Semeru menyimpan sejuta rahasia dan banyak cerita mistis yang hingga kini dipercaya masyarakat sekitar bahkan juga dialami para pendaki.

Pada ketinggian 2.389 mdpl, Gunung Semeru terdapat danau indah yang dikenal dengan sebutan Ranu Kumbolo, di danau ini konon dihuni sosok dewi cantik berkebaya kuning yang dipercaya sebagai penjaga danau.

Dikisahkan dari sebuah cerita rakyat, awal mula Ranu Kumbolo berawal dari kisah sepasang suami-istri yang hidup di kawasan tersebut. Sang istri kala itu sedang mengandung. Ia sangat ingin memakan ikan karena mengidamnya pada posisi hamil.

Suaminya pun pergi ke sungai. Setelah beberapa saat memancing, dia mendapatkan ikan mas yang cukup besar. Ajaibnya, ikan mas tersebut dapat berbicara, dan berkata pada laki-laki itu “Tuan, Aku ini ikan ajaib, maukah kau merawatku?” kata sang ikan.

Sang suami awlnya terkejut, walau akhirnya ia pun menyanggupinya, dia disembunyikan di dalam gentong air. Ketika sang suami pergi ke pasar, istrinya pergi ke dapur untuk mengambil air minum. Saat sang istri membuka gentong itu, dia menemukan ikan mas tersebut. Karena lapar ia langsung memasak ikan mas itu dan memakannya dengan lahap. “Hem… hem… hem… enak sekali ikan ini”, celetuk sang istri seakan puas melahap ikan emas tersebut.

Saat sang suami kembali, dia terkejut karena ikannya tinggal kepala dan tulangnya di atas piring. Seketika dia marah besar kepada istrinya, dan akhirnya menceritakan semua yang dialaminya bersama sang ikan, sang istri pun sangat menyesal dan berkali-kali mohon ampun.

Pada malam harinya, sang suami bertemu dengan ikan mas itu dan mengatakan anaknya akan lahir tetapi memiliki sisik di tubuhnya.

Pada akhirnya mimpi itu menjadi kenyataan, istrinya melahirkan bayi laki-laki yang penuh sisik di tubuhnya. Mereka memberi nama Kumbolo. Ayah-ibunya sedih karena Kumbolo sering dihina dan dikucilkan teman-temannya.

Suatu malam, ibu Kumbolo bermimpi bertemu dengan ikan mas, “Anakmu Kumbolo suruh pergi ke puncak Gunung Semeru. Carilah mutiara pelangi untuk menghilangkan sisik di tubuhnya.”

Akhirnya Kumbolo pergi ke puncak Gunung Semeru atas perintah ibunya, dan dengan susah payah ia mendapatkan mutiara pelangi di puncak semeru itu.

Di perjalanan pulang, mutiara tersebut jatuh ke tanah membentuk cerukan dan mengeluarkan air sehingga membentuk ranu atau danau. Kumbolo pun tenggelam tetapi dia berenang ke permukaan.

Anehnya, pada saat dia kembali ke daratan, semua sisik ditubuhnya hilang. Akhirnya ranu itu dinamakan Ranu Kumbolo.

Meski hanya dongen, namun cerita dan mitos itu masih terus dikait-kaitkan dengan keberadaan Danau Ranu Kumbolo karena dilimpahi dengan ikan mas. Namun, setiap pengunjung dilarangan memancing atau menangkapnya.

Pasalnya, warga setempat meyakini bahwa ikan mas tersebut merupakan jelmaan dewi yang ditugaskan untuk menjaga keindahan danau. Sosok wanita yang dipercaya sebagai Dewi Penjaga ini kerap muncul memakai kebaya kuning. Kemunculannya ditandai dengan adanya kepulan asap saat bulan purnama datang.

Itulah kisah singkat dari cerita rakyat asal-asal muasal terbentuknya Danau Ranu Kombolo yang berada di kaki gunung semeru.

Refenrensi: diambil dari cerita rakyat dan berbagai sumber.

(Indotribun/Faruq)

Komentar