oleh

Lagi Dan Lagi! Presiden Jokowi Perpanjang PPKM Jawa-Bali Hingga 6 September 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat jumpa pers terkait perpanjangan PPKM melalui Channel Youtube Sekretariat Presiden.

Indotribun.id– Sesuai prediksi publik, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kini diperpanjang kembali. Di sampaikan melalui Channel Youtube Sekretariat Presiden, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperpanjang PPKM hingga 6 September 2021.

“Untuk itu, Pemerintah memutuskan mulai tanggal 31 Agustus hingga 6 September 2021. Untuk wilayah Jawa-Bali, terdapat penambahan wilayah aglomerasi yang masuk ke (PPKM) level 3 yakni Malang Raya dan Solo Raya,” Ungkap Presiden Joko Widodo melalui siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8/2021).

Tidak hanya itu Presiden menyebutkan, ada perbaikan tren positif terkait penurun kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir ini.

Alhamdulillah, atas kerja keras seluruh pihak dan ridha Allah SWT. Dalam satu minggu terakhir ini sudah terjadi tren perbaikan situasi Covid-19” jelasnya.

“tingkat positivity read terus menurun dalam 7 hari terkahir, tingkat keterisian rumah sakit untuk kasus Covid terus menurun, rata-rata bor Nasional berada disekitar 27%.” Imbuhnya.

Dilansir dari CNN Indonesia, Keputusan pemerintah memperpanjang PPKM berbasis level menjadi yang ketujuh. awalnya, pemerintah menerapkan PPKM Darurat 3-11 Juli di Jawa Bali, dan di perpanjang lagi 12-20 Juli di luar Jawa-Bali. Kemudian diperpanjang dengan istilah baru PPKM Level 4 pada 20-25 Juli.

Tidak berhenti disitu, PPKM diperpanjang lagi dan lagi selama 26 Juli- 2 Agustus, dan pada periode 3-9 Agustus 2021. Kemudian kembali diperpanjang selama periode 10-16 Agustus, 17-23 Agustus, dan 24-30 Agustus.

Namun, dalam sepekan terakhir ini pemerintah mulai melonggarkan pembatasan dibandingkan PPKM sepekan sebelumnya. Mulai dari perizinan persiapan teknis Asesment Nasional, sekolah tatap muka di daerah PPKM Level 3, pembukaan tempat ibadah, hingga pusat perbelanjaan atau mall.

Perlu diketahui pemerintah akan terus mengawasi segala lini sektor untuk menentukan level keberlanjutan PPKM. Penentuan level akan dilakukan oleh pemerintah sesuai semakin naik atau semakin menurun angka kasus penyebaran Covid-19.

Jika semakin rendah levelnya, maka akan semakin mendekati aktivitas normal masyarakat.

(frq/wdk)


Komentar

News Feed