oleh

Launching Hari Santri, Gus Yaqut: Santri Merupakan Aset Luar Biasa Indonesia

Gus Yaqut, Kemenag RI pada saat sambutan Lounching Hari Santri 2021 (Foto: Istimewa)

Indotribun.id, Jakarta- Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Yaqut Cholil Qoumas atau yang sering dipanggil Gus Yaqut, menyatakan santri merupakan aset luar biasa yang dimiliki Indonesia.

Hal itu disampaikannya dalam acara Lounching acara besar peringatan Hari Santri Nasional 2021 dengan mengusung tema “Santri Siaga Jiwa Raga,” Selasa (21/09/2021).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto.

Gus Yaqut menjelaskan Santri memiliki peranan besar dalam sejarah kemerdekaan bangsa ini, baginya Indonesia tidak akan pernah mencapai pucak kemerdekaan jika tidak ada santri.

“Saya selalu katakan diberbagai kesempatan, bahwa Indonesia tidak akan pernah merdeka jika tidak ada sosok santri.” Pungkasnya dikutip dari channel Youtube Kemenag RI.

Selain itu, sesuai tema Hari Santri Nasional 2021, Gus Yaqut meminta kepada para santri di semua pelosok negeri, tetap siaga jiwa raga di masa pandemi seperti saat ini. Ia berpesan pada para santri untuk melaksanakan 5M+1D (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan doa).

Lounching Hari Santri Nasional 2021 ditandai dengan penabuhan alat musik tradisional khas Sulawesi Selatan, Grandrang Bulo, oleh Kemenag RI Gus Yaqut yang didampingi Menteri Koordinator PMK muhadjir Effendy, serta Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M. Ali Ramdhani.

(Indotribun.id/Faruq)

Komentar

News Feed