oleh

Les’ Copaque Klarifikasi Atas Kematian Upin & Ipin yang Viral di Media Sosial

Serial Kartun Upin & Ipin (ist).

Indotrubun.id, Malaysia- Media sosial digemparkan dengan video kematian Upin-Ipin. Les’ Copaque selaku produser Upin-Ipin di Malaysia pun mengklarifikasi atas insiden tersebut.

Dilansir dari detik.com, Les’ Copaque sebagai studio animasi yang membuat Upin-Ipin angkat bicara. Mereka meluruskan masalah soal anggapan Upin-Ipin meninggal ini. Pihaknya menegaskan Upin-Ipin hanya karakter fiktif.

“Ceritanya tidak diambil atau diinpirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada,” kata mereka seperti dikutip detikINET, Selasa (19/1/2022).

Awal mula kejadian ini viral setelah dipicu video viral di TikTok. Ada sebuah rekaman video menunjukkan dua kuburan yang tertuliskan di batu nisan dengan nama Upin dan Ipin.

Seperti kita ketahui, Serial kartun yang digemari oleh kalangan anak-anak Tanah Air itu adalah dua tokoh anak-anak dari serial kartun asal Malaysia yang juga populer di banyak negara termasuk di Indonesia.

Sebelumnya, akun TikTok @ABI_ALONK_3110, menyoroti dua kuburan Ipin dan Upin. Dalam batu nisan tersebut tertulis jika Upin meninggal lebih dulu pada 6 Agustus 1995 lalu disusul Upin tanggal 2 April 1996.

Sampai berita ini dimuat, video itu diputar sampai 37,5 juta kali. Dapat like 3,9 juta dan 83.300 komentar. Ada kemungkinan akan terus bertambah dan akan semakin viral.

Dalam hal ini, netizen pun dibuat bingung dan banyak berspekulasi tentang kisah Ipin dan Upin apakah nyata atau hanya fiktif belaka hingga kebenaran dari lokasi dua maka tersebut.

Namun, Les’ Copaque menegaskan ide cerita adalah dari Hajah Ainon pengisi suara Opah dan Haji Burhanuddin pengisi suara Tok Dalang sekaligus Pengarah Urusan Les’ Copaque Production.

“Beliau juga turut berkongsi pengalaman beliau dibesarkan di kampung di dalam siri Upin & Ipin,” ungkap Les’ Copaque.

Les’ Copaque juga menjelaskan kenapa dibuat cerita Upin Ipin yatim dan botak. Hal itu semata untuk memudahkan cerita dan proses animasi karena keterbatasan anggaran dan SDM animator.

Jadi sudah jelas ya, Upin Ipin cuma karakter fiktif. Video kuburan itu hanya kebetulan namanya sama.

(Indotribun/Wakid)

Komentar