oleh

Luncurkan Rudal, Korea Utara Peringati Amerika dan Korea Selatan

-Dunia-125 views

Tangkapan layar peluncuran rudal balistik yang disiarkan di salah satu stasiun televisi Korea Utara, KCTV

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, kembali peringatkan Amerikat Serikat dan Korea Selatan dengan melakukan uji coba peluncuran rudal, Selasa (6/8/2019) pagi.

Dilansir dari Kompas Com, peringatan tersebut diberikan sebagai tanggapan atas latihan perang gabungan Washington dan Seoul yang dilakukan pada Senin, untuk menguji kemampuan Korea Selatan dalam mengambil kendali operasional saat masa perang.

Dikabarkan media Korea Utara, KCNA, bahwa peluncuran rudal disaksikan langsung oleh Kim Jong Un, sebagai verifikasi kapasitas perang dari rudal kendali taktis tipe baru mereka.

Dengan  demikian Korea Selatan sudah melakukan ke empat kalinya dalam kurun waktu kuran dari dua pekan, dengan Pyongyang telah mengancam bakal menembakkan lebih banyak rudal di masa mendatang.

Korea Selatan menggambarkan sebagian besar rudal yang ditembakkan Pyongyang adalah rudal balistik jarak pendek, yang dilarang diluncurkan Korea Utara di bawah resolusi Dewan Keamanan PBB.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menulis di akun twitternya bahwa apa yang dilakukan Korea Utara dalam uji coba peluncuran nuklir memang telah melanggar resolusi PBB. Namun ia percaya bahwa apa yang dilakukan Pyongyang tidak akan melanggar perjanjiannya dengan Kim Jong Un.

“Kim Jong Un dan Korea Utara telah tiga kali menguji rudal jarak pendek selama beberapa hari terakhir. Uji coba rudal ini tidak melanggar perjanjian yang kami tanda tangani di Singapura,” tulis Trump.

Editor: Latif Fianto

Komentar

News Feed