oleh

Mahasiswa Tambah Pengangguran di Kota Malang

-Bisnis-227 views

Ilustrasi para pencari kerja

Para mahasiswa yang setelah lulus dari perguruan tinggi menjadi salah satu penyebab penambah angka pengangguran di Kota Malang. Hal itu dibenarkan oleh PLT Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Malang, Supranoto, bahwa pengangguran terbuka di kota pendidikan itu didominasi mahasiswa yang memilih masih menetap di Kota Malang meskipun mereka sudah selesai masa kuliahnya.

“Jadi sebenarnya pengangguran terbuka di daerah ini yang jumlahnya ribuan itu disumbang oleh para mahasiswa, baik yang masih menempuh pendidikan, maupun mareka yang sudah menyelesaikan studinya. Mereka tidak mau kembali ke tanah kelahirannya (kampung halaman),” katanya.

Di tahun ini, katanya, angka pengangguran mengalami penurunan. Data yang diambil dari Disnaker pada tahun 2019, turun menjadi 6,9 persen atau sekitar 7.000 orang. Sedangkan data pada tahun lalu tingkat pengangguran masih jauh di atas 7,2 persen.

“Itu kami ambil dari data warga Malang asli, bukan yang menetap sementara,” ucapnya.

Suprapto menambahkan, ia gencar melakukan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang sekiranya ada lowongan supaya bisa dimasuki pekerja, lalu pihaknya akan melakukan sosialisai kepada masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.

“Selain itu kami juga rutin mengadakan bursa kerja (Job Fair) dengan cara menggandeng beberapa piha, termasuk perusahaan. Berharap semoga dengan cara ini akan semakin banyak menyerap tenaga kerja,” imbuhnya.

Editor: Latif Fianto

Komentar

News Feed