oleh

Mahfud MD Sebut Indonesia Hadapi Tiga Tantangan Utama

Menggelar rapat dengan jajaran TNI dan Polri yang tengah bertugas di wilayah Papua, Rabu (22/07), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa tiga tantangan utama yang dihadapi Indonesia sekarang ini.

“Saat ini kita tengah menghadapi tantangan utama yang tersebar dari wilayah barat, tengah, hingga timur Indonesia,” ucapnya.

Mahfud yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) mengatakan bahwa tantangan pertama terdapat di wilayah barat Indonesia, di mana intervensi pihak asing di wilayah perairan Laut Natuna Utara yang berbatasan dengan Laut China Selatan masih berseteru.

Diketahui China selalu mengklaim jika perairan tersebut masuk wilayahnya berdasarkan pada sejarah, bukan hukum laut yang berlaku saat ini.

Sementara itu, tantangan juga datang dari wilayah timur Indonesia, tepatnya Papua. Ia menyebut bahwa terdapat kelompok kriminal bersenjata masih terus mengganggu keamanan Bumi Cendrawasih sampai saat ini.

Mahfud lantas mengingatkan kepada jajaran TNI dan Polri yang tugas di jangan mudah terprovokasi.

Ia pun meminta para prajurit tidak perlu melakukan tindakan yang justru akan menimbulkan tudingan terhadap pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

“Jangan terpancing untuk melakukan tindakan yang bisa dinilai melanggar HAM. Kita jaga negeri ini dengan sepenuh hati, dan tidak terprovokasi oleh pihak lain,” katanya.

Sementara di wilayah bagian tengah, mantan Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional menyatakan jika ancaman yang muncul adalah gerakan-gerakan radikal.

“Di wilayah tengah yang tersebar di berbagai daerah yaitu ancaman terhadap keutuhan ideologi yang antara lain berbentuk gerakan-gerakan radikal,” tandas Mahfud.

Komentar

News Feed