oleh

Mengenal Cara Membaca Menggunakan Teknik Skimming

ilustrasi: membaca dengan cara teknik skimming (foto: @faruq_btw).

Indotirbun.id, Edukasi- Membaca merupakan salah satu nutrisi alternatif untuk mengisi pengetahuan. Sebagaimana ungkapan pepatah lama “Membaca Membuka Jendela Dunia”. Nah, dalam perihal membaca, tidak semua bacaan dapat dibaca dengan seksama. Terkadang, kita juga harus membaca dengan menggunakan teknik skimming untuk mencari suatu hal dalam bacaan. Membaca menggunakan teknik skimming merupakan teknik membaca cepat secara sekilas.

Apa Itu Teknik Membaca Skimming?

Menurut Farida Rahim, dalam buku Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (2008), Skimming adalah teknik membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian dari suatu bacaan.

Artinya Teknik membaca Skimming merupakan teknik membaca keseluruhan bacaan secara cepat untuk mendapatkan gambaran umum keseluruhan isi bacaan. Sedangkan Menurut Soedarso dalam buku Sistem Membaca Cepat dan Efektif (1991), Skimming berarti mencari hal-hal penting dari bacaan itu, yakni ide pokok dan detail penting dalam hal ini tidak selalu di permukaan tetapi terkadang di tengah atau di dasar.

Artinya, membaca Skimming yaitu teknik membaca cepat untuk mendapatkan ide pokok yang mungkin berada di awal, tengah, ataupun akhir bacaan. Skimming dilakukan dengan membaca keseluruhan tulisan secara sekilas dengan cepat namun, tepat dalam mendapatkan gambaran umum.

Seperti Apa Contoh Membaca Skimming?

Dilansir dari detik.com, salah satu Contoh teknik membaca Skimming adalah saat membuat rangkuman dari suatu bacaan. Untuk membuat rangkuman, kita harus membaca keseluruhan isi bacaan dan mengumpulkan ide pokok juga gagasan utama di dalamnya.

Namun, karena rangkuman harus dibuat dalam waktu cepat, kita kemudian membaca seluruh bacaan tersebut dengan sekilas saja untuk mengetahui apakah inti dari bacaan tersebut. Teknik membaca untuk mengumpulkan informasi dan menemukan garis besar inilah yang disebut sebagai Skimming.

Dari berbagai sumber yang lain, contoh lain dari melakukan teknik membaca Skimming, ketika anda akan membuat resensi buku. Secara keseluruhan buku harus dibaca tanpa ada bagian yang dilewatinya. Namun, untuk mempersingkat waktu membaca, pembacaan dilakukan sekilas dengan teknik skimming.

Membaca melalui cara Skimming memberikan gambaran umum, ide pokok, ataupun garis besar suatu buku sehingga resensi bisa disusun.

Jika membaca cepat dilakukan dengan cara melewati sebagian bacaan dan hanya membaca bagian tertentu yang dianggap penting, maka teknik membaca tersebut bukan lagi namanya membaca melalui teknik Skimming melainkan Scanning.

Sampai di sini paham?

(Indotribun/Wakid)

Komentar