oleh

Menkes Beri Bocoran Kapan Indonesia Memasuki Status Endemi

Foto: Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin (Instagram: @the.iconomics).

Indotribun.id, Jakarta – Sejak adanya pelonggaran kebijakan memakai masker di luar ruangan, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin beri bocoran kapan Indonesia kemungkinan memasuki status endemi.

Menkes memberikan pertimbangan, ada beberapa faktor yang bisa menunjukkan kesiapan Indonesia untuk menuju status endemi, salah satunya yakni kesadaran masyarakat.

Sebelumnya, Pelonggaran kebijakan masker yang diumumkan pemerintah beberapa waktu yang lalu sebetulnya menjadi salah satu pelatihan kesadaran tersebut. Misalnya, masyarakat kini diminta untuk menilai risiko penularan masing-masing saat memakai masker.

“Jika di ruangan tertutup di rumah, bersama keluarga sendiri, semuanya kita tahu sehat, ya kita tidak pakai masker,”ungkap Menkes dalam konferensi pers Selasa (31/5/2022).

Sebaliknya, jika berada di ruangan berventilasi buruk dengan risiko penularan tinggi lantaran dipadati banyak orang di fasilitas umum, wajib menggunakan masker.

“Dari semua sejarah, faktor yang paling menentukan pandemi menjadi endemi adalah kesadaran masyarakat, tahu langkah pencegahan, kalau sakit mesti ngapain, sehingga tidak ada paksaan dari pemerintah, dan itu sebenarnya adalah cara menjaga kesehatan yang paling baik, menjaga kesehatan kita,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Menkes Lulusan Teknik Nuklir ITB itu menjelaskan, pemerintah tengah mengingatkan tanggung jawab risiko penularan pada masing-masing warga.

“Kalau itu sudah berhasil masyarakat sudah paham sudah memahami bagaimana prokes seharusnya, itu adalah ciri-ciri penyakit yang sudah menjadi endemi,” pungkas Menkes.

(Hrs/San)

Komentar