oleh

Negara ASEAN Geram Natuna Klaim Laut China

tampak kapan China berkeliaran di laut Natuna

Malang, Indotribun.id – Masalah pelanggaran yang dilakukan China di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, tepatnya di perairan Natuna, kepulauan Riau, pada pekan lalu makin panas. Hingga membuat beberapa negara ASEAN Geram atas tingkah laku China.

“Ini juga aneh, dan mungkin bahkan bodoh, bagi Beijing untuk mendorong perselisihan dengan Indonesia pada tahun yang sama di mana Asean dan China akan menyelesaikan negosiasi panjang tentang COC di Laut China Selatan.” Kata pengamat pertahanan senior di think tank Rand Corporation, Derek Grossman, Senin (06/01/2020), dilansir dari CNBC Indonesia.

Menurutnya, perselisihan itu juga mengancam arah negosiasi kode etik (code of conduct/COC) di masa depan, antara anggota ASEAN dan China.

Seperti diketahui, Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Menlu) menyampaikan protes kepada China karena melakukan pelanggaran ZEE di perairan Natuna. Pelanggaran ini termasuk kegiatan illegal, unreported and unregulated (IUU) fishing dan kedaulatan oleh coast guard atau penjaga pantai China di perairan Natuna.

“Sehubungan dengan pernyataan Jubir (Juru Bicara) Kementerian Luar Negeri China pada tanggal 31 Desember 2019, Indonesia kembali menegaskan penolakannya atas klaim historis China atas ZEE,” tulis kementerian dalam rilis.

Editor: LF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed