oleh

Obama Sebut Gaya Kepemimpinannya Diperoleh dari Indonesia

-Dunia-269 views

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama

Malang, Indotribun.id – Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menyebut jika gaya kepemimpinannya yang sedikit kalem didapat saat tinggal di Indonesia.

Ia mengatakan saat ditanya oleh Nicholas Fang, soal mengapa Obama bisa tetap memiliki gaya kepemimpinan yang tenang di tengah tekanan-tekanan saat masih menjabat menjadi Presiden.   

“Itu karena saya memiliki latar belakang yang bercampur Hawaii dan Indonesia,” tutur Obama di depan forum In Conversation with President Barack Obama di Singapura, Senin (16/12/2019), dilansir dari CNN.Indonesia.

Presiden yang menjabat dua priode di  negeri Paman Sam ini menuturkan bahwa selama menjabat banyak masalah yang dihadapi, mulai dari krisis lapangan pekerjaan, krisis ekonomi 2008, Perang Afghanistan, Perang Irak, konflik di Suriah, hingga kemunculan ISIS.

“Saya tidak menjadi tinggi hati ketika melihat wajah saya bertebaran di poster atau laman depan majalah. Saya juga tak terlalu merasa rendah diri ketika hal-hal yang saya hadapi berjalan tak semestinya. Saya percaya kami telah membuat keputusan terbaik dalam setiap situasi,” tambahnya.

Obama juga menyampaikan jika resep memiliki jiwa kepemimpinan yang tenang adalah berfokus pada kepentingan orang banyak dan menikmati prosesnya.

“Anda menempatkan mereka pada posisi untuk berhasil dan Anda membuat keputusan berdasarkan informasi terbaik yang tersedia dan menyiapkan proses di mana Anda dapat melihat dari setiap sudut solusi apa yang terbaik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi,” imbuhnya.

Editor: LF

Komentar

News Feed