oleh

Olahraga Apa yang Cocok untuk Jomblo?

Foto: Ilustrasi berolahraga lari

Lari adalah jawabannya, karena olahraga ini sepaham dengan jalan kehidupan jomblo. Sebelum kita membahas kenapa olahraga lari sangat kompatibel untuk kalian para jomblo, saya ingin mempertanyakan adakah bahasa yang halus dan mulia untuk kata ganti dari ”jomblo”? Ini serius manteman bukan tanpa alasan, sebab kata jomblo di Indonesia sudah terasa hina ketika menjadi pembahasan di warung kopi. Jika belum ada maka di sini saya menggunakan kata “jomblo” saja.

Menurut penelitian dari berbagai situs yang saya cari di Google, lari adalah kegiatan purba yang sudah jarang kita lakukan di dunia modern ini. Dunia yang semakin cepat telah memasung aktivitas fisik sehari-hari kita. Hingga urusan perut pun kita hanya tinggal klik di smartphone. Ajaib.

Maksud lari oleh beberapa pakar tersebut adalah aktivitas fisik. Tidak termasuk lari dari tanggung jawab, apalagi lari dari kenyataan. Hiya hiya.

Lupakan itu semua! Mari kita membahas lari dan manfaat positif yang didapatkannya. Sebuah penelitian yang saya kumpulkan lewat literatur lisan maupun tulis adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi berat badan

Untuk kalian yang ditinggal pasangan hanya sebatas bentuk fisik, maka dengan berolahraga lari adalah balas dendam yang ampuh dan mutakhir. Maka cukuplah berat hidup saja teman, tak usah menambah berat beban tubuh. Hehe.

  • Baik bagi kesehatan lutut (wabilkhusus jomblowan)

Untuk manfaat dari olahraga lari yang kedua ini, tak usahlah menjelaskan panjang lebar tentang aktivitas kamar mandi yang nirfaedah. Aktivitas yang berdampak buruk pada kesehatan lutut sehingga menjadi perhatian penting bagi para pria yang mengaku dewasa. Maka olahraga lari dapat menyeimbangankan gaya hidup kaum penghabis sabun. Hiya hiya hiya.

  • Mengurangi resiko jantung coroner

Manfaat yang ketiga ini lumayan berat dan njelimet teman. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga lari teratur dan lebih dari 50 menit dalam seminggu dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular, yaitu penyakit yang memicu stroke dan darah tinggi. Nah ini penting bagi kalian para jomblowers. Sebab kenapa? Jika suatu saat nanti para mantan doi sudah menemukan pasangan baru maka antum-antum sudah siap menghadapi kenyataan dengan sebaik baiknya nan sebijak-bijaknya. Istilah dalam persilatan sudah siap dengan pasang kuda-kuda. Dengan begitu meminimalisir serangan jantung, darah tinggi yang berakibat stroke gara-gara si doi jalan dengan pasangan barunya.

  • Memperbaiki suasana hati

Dengan berolahraga secara rutin kita akan memproduksi hormon indorfin. Endorfin adalah zat kimia seperti morfin yang dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh dan memiliki peran dalam membantu mengurangi rasa sakit saat memicu perasaan positif. Hormon endorfin diproduksi oleh kelenjar pituari dan sistem saraf pusat manusia. Ini berfungsi dalam mengurangi efek buruk stres dan rasa sakit, melepaskan hormon seksual, menambah nafsu makan dan meningkatkan respons kekebalan tubuh.

Ada berbagai cara memicu hormon endorfin, antara lain mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya, makan cokelat atau cabe yang pedas. Namun budget yang pas untuk ekonomi para jomblo adalah berolahraga, karena olahraga lari itu gratis. Sekali lagi gratis.

  • Menajamkan otak

Kita tahu olahraga adalah aktivitas yang membuat otak bekerja memproduksi oksigen. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa berlari dapat mempertahankan aliran darah dan oksigen yang melindungi otak. Asupan oksigen yang maksimal ditambah peredaran darah yang sempurna membuat otak bekerja secara optimal.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga memiliki manfaat bagi otot dan otak seseorang. Apabila otak berkeja dengan optimal, maka kita bisa mengolah emosi menjadi hal-hal positif dengan berkarya. Mengubah tangis menjadi tulis. Mengubah perih menjadi lukis, atau hal lainya. Sebijak-bijaknya bengitu. Hehe.

  • Tidur dengan nyenyak

Lelah fisik adalah hal baik, ketimbang lelah psikis. Dengan itu kalian bisa tidur malam dengan nyenyak dan bangun dengan bugar.

Bangun dan ambil sisir lalu berkata depan cermin, “Aku akan melangkah lebih jauh lagi”.

Selain kesehatan software: hati, jantung, dan pikiran, manfaat lari yang terakhir adalah kesehatan jasmani. Dengan mendapatkan kesehatan jasmani semoga kalian para jomblo bisa hidup seribu tahun lagi. Tapi itu di luar keputusan Tuhan ya. Kita sebagai hamba hanya bisa meramu rencana, jalan hidup, jamu dan berdoa untuk keselamatan. Hehe.

Sebagai jomblo rajin-rajinlah olahraga, olahhati dan olahrasa.

Komentar

News Feed