oleh

Per 40 Detik Satu Orang Tewas Bunuh Diri

-Style-92 views

Ilustrasi

Malang, Indotribun.id – Angka kematian akibat bunuh diri terus melonjak setiap tahun. Disebutkan, satu orang melakukan bunuh diri setiap 40 detik di seluruh dunia.

Dikutip dari Reuters, dalam berita yang dilaporkan CNN Indonesia (11/9/19), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, setiap 40 detik terdapat satu orang yang melakukan bunuh diri di seluruh dunia. Angka orang yang kehilangan nyawa akibat bunuh diri bahkan lebih parah dibanding jumlah orang yang terbunuh dalam perang. Total terdapat 800 ribu orang yang tercatat melakukan bunuh diri tiap tahunnya.

Bunuh diri adalah masalah kesehatan masyarakat global. Seluruh usia, jenis kelamin dan wilayah dunia terpengaruh (dan) setiap kehilangan adalah satu terlalu banyak,” tulis WHO dalam laporannya.

Dalam bukunya Sapiens:  Sejarah Ringkas Umat Manusia dari Zaman Batu hingga Perkiraan Kepunahannya, Yuval Noah Harari mengungkapkan, persentase orang mati dengan cara bunuh diri jauh lebih tinggi dibanding penyebab lainnya. Sejak tahun 2000-an ke atas, Harari mengungkapkan, rata-rata orang lebih berkemungkinan membunuh dirinya ketimbang dibunuh oleh teroris, atau pengedar obat bius.

(LF)

Komentar

News Feed