oleh

Persatuan Pedalangan Indonesia Kota Batu Tolak Kedatangan PA 212

Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) menolak Kedatangan PA 212 dan Haikal Hasan untuk kondusifitas Kota Batu (ist).

Indotribun.id, Batu- Organisasi kesenian dan kebudayaan, Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kota Batu menolak kedatangan Persaudaraan Alumni 212 (PA 212). Hal itu disampaikan oleh Ketua PEPADI, Kamis (20/1) kemarin.

Oktavianus Eko Saputro, Ketua PEPADI menyampaikan bahwa seyogyanya Kota Batu menolak kedatangan PA 212 yang akan melakukan pengajian pada Sabtu, 22 Januari 2022 besok.

“Seyogyanya, kegiatan PA 212 ditiadakan di wilayah Kota Batu” ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa Kota Batu bukan hanya sekedar Kota Wisata, melainkan juga kota Kesenian dan kebudayaan yang harus di amankan, ditentramkan agar tetap terjaga kelestarian kebudayaan yang ada di dalamnya.

“Kota Batu kami adalah kota yang aman, tenteram, dan damai. Sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan sangat menghargai keberagaman agama. Alangkah baiknya kegiatan 212 tidak dilangsungkan di Kota Batu.” Jelasnya.

Pada sebuah surat pemberitahuan kepada Kapolres Kota Batu dengan nomor surat: 003/PA212-BT/C1/1/2022, memberitahukan bahwa kegiatan akan dilangsungkan pada hari Sabtu, 22 Januari 2022 yang dikemas dengan sebuah pengajian umum sekaligus penggalangan dana untuk korban erupsi semeru.

Adapun penceramah pada pengajian tersebut adalah Ust. Haikal Hasan salah satu petinggi PA 212 yang tergabung di Front Pembela Islam (FPI).

Ketua PEPADI itu juga menambahkan bahwa dalam sebuah konsep apapun jika telah membuat celah pernah melakukan kerusuhan, provokatif dan lain sebagainya tetaplah perlu ditiadakan.

Tujuannya, lanjut ketua PEPADI adalah kondusifitas yang harus tetap dijaga di Kota Batu.

“Kami PEPADI Kota Batu Ingin Kota Ini Kondusif, karena kami juga mangakomodir suara dari para seniman, khususnya Pedalangan dan Karawitan Kota Batu.”

“karena Kegiatan ini meresahkan, juga tak memiliki Ijin yang jelas dari Pemerintahan kota batu diperkuat juga dari statement Kepolisian yang memberi masukan agar acara ini ditunda,” Imbuhnya.

(Indotribun/Faruq)

Komentar