oleh

Pertama Kali Muncul di Publik, Pemimpin Taliban Ajak Penduduknya Minta Rida Allah YME

Ilustrasi Haibatullah Akhundzada, Pemimpin Taliban (ist).

Indotribun.id, Afganistan- Haibatullah Akhundzada Pemimpin Taliban untuk pertama kalinya muncul di publik. Sosok yang sangat tertutup itu terlihat ketika berpidato pada para penduduknya di Kota Kandahar, Afganistan, (30/10).

Pada saat kehadirannya di depan publik, Akhundzada dilindungi dengan keamanan yang sangat ketat. Hal itu terlihat jelas pada rekaman audio yang berdurasi 10 menit yang diposting oleh akun media sosial Taliban.

Dilansir dari CNN Indonesia, Akhundzada menyampaikan pidatonya di depan publik tanpa sama sekali menyentuh perihal politik. Alih-alih demikian, Akhundzada justru meminta rida Tuhan YME bagi kepemimpinan Taliban.

Dia juga berdoa untuk para martir Taliban, milisi yang terluka, dan keberhasilan pejabat Imarah Islam dalam menjalankan pemerintahan yang dianggapnya ujian besar.

Sebagai tambahan informasi, Akhundzada diketahui telah menjadi pemimpin Taliban sejak 2016 lalu. Namun, selama memimpin, Akhundzada dikenal sebagai sosok yang tertutup. Dia tetap tertutup bahkan ketika Taliban berhasil menguasai Afghanistan pada Agustus lalu.

Akhundzada ditunjuk sebagai pemimpin Taliban dalam transisi kekuasaan yang cepat, setelah sebuah serangan drone Amerika Serikat (AS) tahun 2016 menewaskan pendahulunya, Mullah Akhtar Mansour.

(Indotribun/Faruq)

Komentar

News Feed