oleh

PMII Jangan Geger, Gus Yahya Kader HMI Terpilih Jadi Ketua PBNU

Gus Yahya Cholil Staquf Terpilih jadi Ketua PBNU (ist).

Indotribun.id, Lampung- Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) telah menghasilkan ketua umum baru untuk periode 2021-2026, yaitu Yahya Cholil Staquf terpilih sebagai Ketua Umum PBNU periode 2021-2026 dalam Muktamar ke-34 NU di Lampung, Jumat (24/12/2021).

Dalam pemilihan putaran kedua, Gus Yahya sapaan akrabnya meraih suara lebih banyak dibanding pesaingnya, petahana KH Said Aqil.

Dikutip dari berbagai sumber, Gus Yahya merupakan seorang Gus atau putra Alim Ulama yang lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 16 Februari 1966 dan memang sangat lekat dengan NU.

Sebelum terpilih menjadi Ketua Umum PBNU, Gus Yahya merupakan Katib Aam PBNU. Beliau Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotut Tholibien, Rembang ini pernah menimba ilmu di Madrasah Al Munawwir Krapyak, Kota Yogyakarta, yang diasuh oleh KH Ali Maksum.

Ucapan selamat dan doa pun mengalir deras atas terpilihnya Gus Yahya. Sampai-sampai dua organisasi mahasiswa berbasis agama seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) turut serta merayakannya.

Namun saking maraknya, para kader PMII dan HMI saling gegeran di media sosial. Bahkan ada yang berkomentar disalah satu postingan ucapan selamat pada Gus Yahya itu, dengan komentar yang lucu dan sendu.

Bagimana tidak, salah satu cuitan netizen pun ada yang memberikan caption seperti ini “Jangan Geger, HMI sekarang Ketua PBNU-nya.” Ungkap salah satu akun yang dirahasiakan itu.

Memang benar, pada jenjang pendidikan tinggi, Gus Yahya tercatat pernah menempuh pendidikan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada. Saat menjadi mahasiswa, Gus Yahya aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Yogyakarta.

Mantan Jubir Presiden era Gus Dur dan Watimpres era Jokowi ini memiliki jejaring internasional yang luas. Salah satunya, Gus Yahya menjadi salah seorang inisiator institut keagamaan di California, Amerika Serikat yaitu Bayt Ar-Rahmah Li adDa’wa Al-Islamiyah rahmatan Li Al-alamin yang mengkaji agama Islam untuk perdamaian dan rahmat alam pada 2014.

Namun, meski Gus Yahya merupakan alumni HMI, profesionalisme dalam diri Gus Yahya tidak perlu diragukan. Gus Yahya sudah lekat akan NU dan tahu bahwa PMII lahir dari Rahim NU.

(Indotribun/Faruq)

Komentar